Joko Widodo Minta Rencana Vaksinasi Sudah Siap Dalam Dua Pekan Ini

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya membuat perencanaan produksi vaksinasi Covid-19 dalam waktu dua pekan. Jokowi ingin rencana tersebut dibuat sedetail mungkin agar saat vaksinasi dimulai dapat berjalan lancar.

“Saya minta untuk rencana vaksinasi, rencana suntikan vaksin direncanakan secara detail, seawal mungkin. saya minta dalam 2 minggu ini sudah ada perencanaan yang detail,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Senin (28/9/2020).

Baca Juga:  Segini Jumlah Penumpang KA Luar Biasa Selama Lebaran

Dia menekankan, perencanaan ini harus memuat jadwal vaksin dimulai hingga siapa masyarakat yang pertama kali disuntikkan vaksin. Sehingga, saat vaksin Covid-19 sudah siap, perencanaan tersebut tinggal diterapkan.

Baca Juga:  Belasan Anak Silver Ditangkap Satpol PP Depok

“Kapan dimulai, lokasinya di mana, siapa yang melakukan, siapa yang divaksin pertama. Semuanya harus terencana dengan baik sehingga saat vaksin ada itu tinggal langsung implementasi pelaksanaan di lapangan,” jelas Jokowi.

Seperti diketahui, Indonesia bekerja sama dengan perusahaan asal China, Sinovac untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Vaksin ini sudah memasuki tahap uji klinis fase III sebelum diproduksi besar-besaran.

Baca Juga:  PSBB Indramayu Diperpanjang, Bupati: Lebih Mengarah Penerapan AKB

Presiden Jokowi berharap uji klinis tersebut dapat selesai dalam waktu enam bulan. Dengan begitu, vaksin corona dapat dapat segera diproduksi dan disuntikkan ke masyarakat pada Januari 2021. (Red)