Ridwan Kamil: Meski Pandemi, Ekspor Jawa Barat Tertinggi Se-Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat mengatakan, ekspor Provinsi Jawa Barat terus membaik di masa pandemi.

Meski turun sejak Maret hingga Mei 2020, ekspor Jawa Barat naik mulai Juni lalu. Bahkan, kata Ridwan Kamil, ekspor Jawa Barat menjadi yang tertinggi di Indonesia.

“Kenaikannya adalah 14,16 persen di bulan Agustus dibandingkan bulan Juli. Jadi per bulan naik pelan-pelan. Nanti kita lihat September, harusnya ada (kenaikan) di kisaran 40 persen,” ucap Ridwan Kamil dalam konferensi pers usai rapat mingguan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (28/9/2020).

Berdasarkan data BPS periode Januari hingga Agustus 2020, Jawa Barat menyumbang 16,28 persen atau US$ 16,79 miliar terhadap ekspor nasional, disusul Jawa Timur sebesar 12,95 persen dan Kalimantan Timur sebesar 8,44 persen.

Baca Juga:  Semarakkan Resepsi HUT Jabar ke 72, Gubernur Jabar "Ngaboseh" Ke Gedung Sate

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, ekspor pada Juli 2020 sendiri adalah US$ 2,21 miliar atau naik 12,48 persen dari Juni. Ridwan Kamil menambahkan, pemulihan ekonomi di negara tujuan turut membuat pertumbuhan ekspor Jabar terus meningkat.

“Jadi berita baiknya, dari salah satu ukuran ekonomi, jualan dan ekspor kita (Jabar) lagi kencang, menandakan ekonomi bergerak lagi,” katanya.

Ridwan Kamil tidak memungkiri bahwa UMKM dan belanja di level daerah masih belum maksimal. Namun, hal itu sesuai dengan konsep gas dan rem antara ekonomi dan kesehatan di masa pandemi yang selalu berjalan dinamis dan fluktuatif.

“Kadang-kadang (antara) 50 persen kesehatan dan 50 persen ekonomi, kadang-kadang 70 persen kesehatan seperti sekarang dan 30 persennya ekonomi. Tapi tidak pernah seratus berbanding nol,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Jawa Barat per 27 September 2020, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat diproyeksikan membaik pada triwulan III-2020 dan triwulan IV-2020.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Arsirtek Harus Proaktif Hadapi Revolusi Industri 4.0

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Jawa Barat yang juga Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pemerintah pusat telah mengubah harapan pertumbuhan ekonomi Indonesia di antara minus 1,1 persen hingga 0,2 persen dengan asumsi program Pemulihan Ekonomi Nasional berjalan efektif.

“Dan tentu saja hal ini telah mengubah asumsi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat terkoreksi menjadi minus 1,51 persen pada triwulan ketiga dan triwulan keempat menjadi kurang lebih minus 2,1 persen untuk skenario optimis,” ujar Setiawan.

“Tentu saja diharapkan program Pemulihan Ekonomi Nasional terealisasi sesuai target pada pertengahan triwulan ketiga dan keempat,” katanya.

Setiawan juga menjelaskan bahwa pergerakan mobilitas manusia telah mendekati bussiness as usual, artinya aktivitas atau kegiatan ekonomi masyarakat saat ini mulai kembali seperti biasa. Hal itu turut mempengaruhi penambahan kasus Covid-19 di sejumlah pusat perekonomian.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Orang Sehat Disarankan Pakai Masker Saat Keluar Rumah

“Semakin meningkatnya dan membaiknya pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat berhubungan erat dengan meningkatnya mobilitas masyarakat. Pergerakan mobilitas ini berdampak pada penambahan kasus di beberapa daerah pusat aktivitas ekonomi, seperti Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi, dan Kota Depok,” ujar Setiawan.

Selain itu, Setiawan berujar, konsumsi swasta di Jawa Barat pun terus meningkat sehingga diharapkan juga dengan Bantuan Langsung Tunai dan Bantuan Pekerja dapat menahan dan meningkatkan konsumsi di Jabar.

Sambil mendorong upaya Pemulihan Ekonomi Nasional Daerah, ia pun menegaskan bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat terus menggencarkan edukasi dan pengawasan terkait protokol kesehatan di sektor industri.

“Kuncinya adalah bagaimana kita mengedukasi dan mengawasi terhadap sektor-sektor ini,” katanya. (Red)