Tahun Ini, Pemkab Purwakarta Bangun Saung Ambu di Tiga Desa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat yang berada di pedesaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta kembali membangun fasilitas pelayanan kesehatan terintegrasi dengan program Saung Ambu.

Di tahun 2020 ini, Pemkab Purwakarta melalui Dinas Kesehatan setempat membangun tiga Saung Ambu, yaitu di Desa Ciramahilir, Kecamatan Maniis, Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong dan Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu.

“Tahun ini Saung Ambu kita bangun di tiga lokasi yaitu di Desa Ciramahilir, Desa Cihanjawar dan Desa Wanawali,” kata Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta dr Deni Darmawan, melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan, M. Zubaedi saat ditemui di ruang kerjannya, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga:  Raih Wisata Terunik, Inilah Filosofi Kilometer Nol Indonesia

Zubaedi menjelaskan, adanya Saung Ambu sesuai program Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika yang ingin lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di wilayah, salah satunya di tiga desa tersebut.

Baca Juga:  Waduh Serem, Polisi Dengar Suara Kuntilanak saat Bertugas

Sebelumnya, ujar Zubaedi, Saung Ambu juga sudah dibangun di dua desa, yaitu di Desa Ciririp dan Desa Parungbanteng yang berada di Kecamatan Sukasari.

Bukan hanya melayani pemeriksaan kesehatan, tetapi di Saung Ambu, masyarakat diberikan pengetahuan tentang pola hidup yang sehat. Meskipun jauh dari wilayah perkotaan fasilitas serta pola hidup sehat bisa menyasar wilayah pedesaan.

Baca Juga:  Agar Tak Salah Gaul, Orang Tua Harus Awasi Anaknya

“Keberadaan Saung Ambu bukan hanya berbicara soal tindakan, melayani atau memeriksa kesehatan masyarakat yang datang. Tetapi Saung Ambu harus jadi pusat kehidupan masyarakat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat,” jelas Zubaedi.

Sebagai penutup, Zubaedi menambahkan, ketiga Saung Ambu tersebut dijadwalkan selesai dibangun pada Desember mendatang dan siap memberikan pelayanan kesehatan. Sementara untuk tenaga kesehatannya sudah disiapkan pihak Dinas Kesehatan Purwakarta. (Zal)