286 Peserta Ikut SKB CPNS Kota Cimahi, Ini Jaminan Pemkot

JABARNEWS | CIMAHI – Sebanyak 286 peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi formasi tahun 2019 melaksanakan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Pelaksanaan SKB ini merujuk kepada surat dari Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Sesuai surat itu, SKB akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 29-30 September 2020.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi Herry Zaini mengatakan, SKB CPNS Pemkot Cimahi diselenggarakan di empat lokasi.

“Sebanyak 281 orang memilih titik lokasi di BKN Kanreg III Bandung, 1 orang memilih di UPT BKN Batam, 3 orang memilih di BKN Pusat Jakarta, dan 1 orang memilih di KJRI Johor Bahru Malaysia,” kata Herry, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga:  Bersiap... Bantuan Pegawai Bergaji di Bawah Rp5 Juta Akan Dibagikan Besok

Dia menjamin bahwa proses ujian SKB di semua lokasi dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat. Hal itu demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan selama masa pandemi Covid-19.

Salah satu bentuk langkah preventif tersebut berupa kewajiban bagi masing-masing peserta untuk memakai masker, face shield dan sarung tangan.

Di samping itu, bagi peserta yang berasal dari luar wilayah Kota Bandung dan sekitarnya, Herry mengimbau untuk membawa hasil rapid test atau PCR swab test terbaru, yang menunjukkan hasil non-reaktif atau negatif.

Baca Juga:  Gadis Remaja Korban Video Asusila Open BO Diberikan Bimbingan Psikis

“Setiap peserta sudah dicek suhu terlebih dahulu secara digital. Apabila ada peserta yang suhunya tinggi, di atas rata-rata, kami siapkan ruangan khusus dengan petugas memakai alat pelindung diri (APD)lengkap dan ujiannya dilaksanakan secara khusus pula,” katanya.

“Bahkan kami juga stand by dari Dinas Kesehatan, beserta tim medis dan ambulans. Jadi, tidak asal-asalan, karena kami juga tidak ingin dari musim pandemi ini terjadi hal-hal yang di luar kebijakan yang telah dilakukan melalui protokol kesehatan,” kata Herry, melanjutkan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, sebanyak 286 peserta yang menjalani SKB adalah mereka yang dinyatakan lolos passing grade dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) pada 13-14 Februari 2020. Adapun total peserta SKD ialah sebanyak 3.115 peserta.

Baca Juga:  Bangkit Pasca Lockdown, Pengusaha Asal Surabaya Iwan Sunito Buat Terobosan Ini

Untuk klasifikasi formasi tahun 2019, Pemkot Cimahi mendapatkan kuota dari BKN sebanyak 99 posisi. Itu terdiri atas 85 posisi tenaga kependidikan (guru), 10 posisi tenaga kesehatan, dan 4 posisi tenaga teknis lainnya.

“Awalnya Cimahi dapat 99 posisi dari BKN untuk formasi tahun 2019. Namun, akhirnya berkurang jadi 98 posisi, karena ada satu formasi tenaga kesehatan, yaitu dokter spesialis paru yang kebetulan tidak ada peminatnya saat proses pendaftarannya,” terang Herry. (Yoy)