aqua

Mendagri Luncurkan Mesin ADM Untuk Mencetak Dokumen Kependudukan

Mesin ADM rencananya akan disimpan di beberapa tempat keramaian.

Mesin ADM, (Foto: net)

JABARNEWS | JAKARTA - Mendagri lucurkan sebuah mesin yang berguna untuk melakukan pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri oleh masyarakat. Mesin ini dinamakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, dengan mesin ADM ini masyarakat bisa langsung mencetak dokumen kependudukannya sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Gus Yaqut Intruksikan Banser Lakukan Pengamanan di Rumah Orangtua Mahfud MD

Singgung Isu Mental, Nadin Amizah Jadi Trending Twitter



"Pada hari libur pun bisa dan tidak terikat wilayah administrasi," ujar Zudan dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir dari Tribun, Rabu (30/9/2020).

Kelebihan mesin tersebut dikatakan Zudan, bisa menghindarkan praktik calo dan pungutan liar (pungli) dalam pengurusan dokumen kependudukan. Ia pun menuturkan, ADM merupakan sebuah alat atau mesin yang berbentuk seperti mesin ATM juga bisa mencetak 24 jenis dokumen kependudukan.

"Setiap ADM mampu mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), akta kelahiran, hingga kartu keluarga (KK) dalam hitungan menit," ungkap Zudan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Mesin ADM Dokumen Kependudukan Mendagri Kementerian Dalam Negeri Kependudukan Disdukcapil Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini Jawa Barat Berita Hyperlokal Berita Jabar

berita terkait

FKPPN Jabar Banten Tuntut PTPN VIII Segera Lunasi SHT

Polda Sumut Sita 30 Kg Narkoba, Pelaku Tewas Ditembak

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi