Kota Depok Bakal Uji Coba Angkot AC, Dishub: 20 Unit Akan Disebar

JABARNEWS | DEPOK – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihan mengatakan pihaknya bersama Organisasi Angkutan Darat (Organda) akan melakakan uji coba Angkutan Kota (Angkot) yang menggunakan AC atau pendingin udara.

“Sebanyak 20 unit angkot AC diuji coba akan disebar di sejumlah trayek,” ujar Dadang, Rabu (30/09/2020).

Ia mengatakan operasional angkot AC ini juga perlu sosialisasi agar baik penumpang dan pengusaha angkutan bisa menyesuaikan dengan terobosan ini

“Banyak item dan kesiapan yang perlu di cek ulang. Kenyamanan dan keamanan penumpang tetap yang utama,” ujarnya.

Baca Juga:  Vaksin Covid-19 Tidak Akan Ditemukan, WHO Merasa Pesimis

Ia menjelaskan adanya angkot ber-AC bukan menggerus angkot lama. Tapi angkot lama harus diremajakan. Kemudian karena ide ini berasal dari Organda sebagai organisasi angkutan tentu kami akan mendukung. Terlebih sesuai dengan tujuan kami untuk menciptakan angkutan perkotaan yang nyaman bagi masyarakat.

Dadang menambahkan, selama proses uji coba, fasilitas yang ada diangkot AC akan dievaluasi. Khususnya terkait seputar keamanan angkot AC yang harus ramah anak dan perempuan.

“Fasilitas harus semakin baik, seperti CCTV dan kaca yang terang. Bahkan, bisa kita buat angkot khusus perempuan. Ini akan kami akan evaluasi saat uji coba nanti,” katanya.

Baca Juga:  Reza Artamevia Ajukan Permohonan Rehabilitasi, Ini Keputusannya

Sementara itu Sekretaris Organda Kota Depok, M Hasyim mengatakan angkot AC dengan 10 penumpang ini didesain senyaman mungkin untuk menarik masyarakat agar dapat kembali menggunakan angkot.

“Kami memasang kamera di dalam angkot untuk keamanan penumpang. Menyediakan tempat sampah, alat pemadam api dan tempat duduk yang nyaman. Angkot AC ini juga akan berbasis online, pembayarannya non tunai,” katanya.

Baca Juga:  Waduh! Tempat Karaoke Masih Eksis Layani Tamu Saat PSBB dan Ramadhan

Dikatakannya, inovasi angkot AC dan berbasis online ini bukan hanya memberikan kemudahan kepada penumpang tetapi juga program angkot online ini bisa memberikan kesejahteraan bagi supir angkot.

Lebih lanjut melalui program angkot AC dan online, penumpang akan mendapatkan banyak kenyamanan dan kemudahan. Karena, pengemudi angkot online ini memiliki aturan tersendiri.

“Aplikasi kita rencananya bernama Angkot Bae. Pada aplikasi itu penumpang dapat kepastian layanan, waktu tempuh, penjemput hingga turun. Supir dapat kepastian penumpang dengan menggunakan aplikasi,” ujarnya. (Red)