Kemenkop UKM Siapkan Skema Kebijakan Bantu Resesi UMKM

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyiapkan skema dalam menghadapi resesi ekonomi yang dialami oleh para pelaku UMKM.

Sekretaris Kemenkop UKM, Rully Indrawan mengatakan telah membuat konsep dan strategi dalam menghadapi resesi tersebut dengan tidak menyampaikan statmen atau narasi-narasi ke publik yang dapat menimbulkan keresahan.

Baca Juga:  Partai Gelora Hantarkan Nia-Usman Tarung di Pilkada Kabupaten Bandung

Menurutnya, skema yang telah disiapkan Kemenkop UKM dapat menunjang kebijakan-kebijakan yang dapat membantu pelaku UMKM.

“Tetap Pemerintah melalui beberapa skema, itu baik menambah kebijakan-kebijakan yang membantu para pelaku UMKM,” kata Rully saat ditemui wartawan di Roemah Nenek Cafe, Kota Bandung, Rabu (30/9/2020).

Dia meminta pada Pemerintah Daerah untuk membuat dan mendukung perbaikan kebijakan tentang UMKM.

Baca Juga:  Wow! Ini Dia Peternakan Paling Ekstrim Yang Bisa Membahayakan Nyawa

“Agar lebih siap dalam menghadapi masalah resesi. Tapi kita juga meminta Pemerintah Daerah, sudah ada komitmen maupun perbaikan kebijakan yang mendukung para pelaku usaha itu bisa bergairah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rully menjelaskan, perlu ada pendampingan UMKM dari asosiasi-asosiasi dan seluruh komponen pemerintah diantaranya Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan para pendamping UMKM dalam mengembangkan jenis usaha yang cocok di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Oh Jadi Ini Motif Holywings Bikin Promosi 'Muhammad dan Maria'

“Saya pikir itu diantaranya, disamping tentu saja di support oleh lembaga pembiayaan. Untuk terus melakukan upaya-upaya pembiayaan di tengah kondisi seperti ini,” pungkasnya. (Rnu)