Karawang Kehilangan PAD Sekitar Rp300 Miliar, Ini Kata Sekda

JABARNEWS | KARAWANG – Setelah beberapa bulan dilanda wabah Covid-19, Kabupaten Karawang mengalami penurunan prihal Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2020 sekarang ini.

Dilansir dari Media Indonesia, dibandingkan dengan tahun 2019, pertanggal 12 Desember 2019 PAD Kabupaten Karawang mencapai Rp1.237.478.951.185. Namun, pada tahun 2020 sekarang ini, Pemkab Karawang menyebutkan kehilangan sekitar Rp300 miliar akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Info Penting Soal Ibadah Haji Tahun Ini dari Menag Yaqut Cholil

“PAD dari berbagai sektor yang menjadi sumber pendapatan pemkab terguncang akibat pandemi Covid-19,” kata Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri dilansir dari Republika, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga:  Kerap Mendapat Pertanyaan Soal Capres, Begini Jawaban Jokowi

Pendapatan Karawang biasanya dari berbagai jenis pajak dan retribusi, termasuk bantuan dari pemerintah pusat. Tapi selama pandemi Covid-19, pendapatan itu nyaris tidak bisa diraih.

“Pembangunan pembangunan infrastruktur juga melambat akibat berkurangnya PAD dan kondisi anggaran yang diprioritaskan untuk penanganan pencegahan Covid-19,” kata dia.

Baca Juga:  Resmi Jadi Sekda Jabar, Inilah Pesan Ridwan Kamil

Untuk pemulihan ekonomi di wilayah Karawang, katanya, Pemkab Karawang akan melakukan kegiatan padat karya dalam pembangunan infrastruktur serta menyalurkan bantuan untuk para pelaku UMKM di Karawang. (Red)