Cek! Ini Tarif Terbaru Kereta Api Arah Cipatat Menuju Cianjur

JABARNEWS | BANDUNG – Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung Noxy Citrea menerangkan, KA Lokal Siliwangi adalah KA PSO (bersubsidi) yang tarifnya ditetapkan oleh pemerintah.

Sebelumnya, KA Siliwangi melayani relasi Sukabumi-Cianjur-Ciranjang dengan tarif Rp3.000. Pada 21 September 2020, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meresmikan perpanjangan relasi KA Lokal Siliwangi menjadi Sukabumi-Cianjur-Cipatat.

“Pada awal pengoperasian perpanjangan relasi, dan sebagai bentuk promosi serta sosialisasi pada 21-30 September 2020 lalu, tarif relasi Cipatat-Ciranjang adalah Rp0 dan mulai 1 Oktober 2020,” jelas Noxy, melalui keterangan resminya dilansir dari Dara, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga:  Kejaksaan Republik Indonesia Tawarkan Posisi Duta pada Sosok Bonge

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen KA menetapkan penyesuaian tarif pada KA Lokal Siliwangi sebagai berikut, yakni Rp5.000 (Sukabumi-Cipatat-pp), Rp3.000 (Sukabumi-Cianjur-pp), dan Rp2.000 (Cianjur-Cipatat-pp).

Noxy mengungkap, tiket KA Lokal Siliwangi dapat dipesan di aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan maupun pembelian langsung di stasiun. Dalam sehari ada enam jadwal perjalanan KA Lokal Siliwangi dari Cipatat ke Sukabumi.

Baca Juga:  Putri Tanjung Sah Menikah dengan Guinandra Jatikusumo, Intip Besaran Mas Kawinnya

“KA Lokal Siliwangi berhenti di Stasiun Cipatat, Cipeuyeum, Ciranjang, Cianjur, Cibeber, Lampegan, Cireungas, Gandasoli, dan Sukabumi,” paparnya.

Setiap perjalanan KA Siliwangi membawa enam kelas ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk per kereta. Untuk menciptakan jaga jarak pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), KAI membatasi tiket yang dijual hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Baca Juga:  Jelang Pendaftaran Berakhir, Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan kereta, seperti penumpang diharuskan dalam kondisi sehat, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket,” terang Noxy. (Red)