Ribuan Anggota PWI Bantu Pemberitaan Positif, Perilaku Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi

JABARNEWS | JAKARTA – Ribuan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan membantu Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 dalam kampanye pesan positif dalam pemberitaan sebagai upaya mengubah perilaku kebiasaan baru di masyarakat.

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo mengatakan, pihaknya memerlukan kerjasama dengan ribuan wartawan di organisasi PWI agar memberikan pesan-pesan positif melalui informasi pemberitaan yang disampaikan.

“Satgas bersama dengan PWI bekerja sama untuk melibatkan sebanyak 5.800 wartawan dari seluruh provinsi. Para wartawan akan bertugas dalam penyampaian pesan positif dan faktual terkait perubahan perilaku terkati pandemi Covid-19,” kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo, dalam dalam Webinar Mappilu PWI Kamis (01/10/2020) disaksikan ratusan anggota PWI.

Baca Juga:  Depok Masuk Zona Orange Covid-19, Mohammad Idris Berlakukan Ini

Doni menambahkan, tidak hanya menggaungkan program perubahan perilaku, para wartawan juga diminta terlibat langsung dalam upaya mengubah perilaku masyarakat melalui pesan-pesan positif. Serta mencegah berita hoax terkait Corona yang beredar.

“Kemudian tugasnya adalah melakukan program untuk perubahan perilaku dan juga menangkal berita-berita yang tidak benar serta menyampaikan pesan berita yang menyejukan di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kabar Baik Bagi Pasien Covid-19 dari Warga Kurang Mampu di Cirebon

Seperti diketahui, pemerintah terus menggalakkan kampanye perubahan perilaku di masa pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satunya, sosialisasi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 melalui transportasi umum.

“Bapak presiden tadi menekankan agar transportasi publik ini juga diimbau memasang protokol kesehatan di kendaraan, baik itu truk, angkutan umum, angkutan kota, bus, taksi dan kendaraan lainnya,” ungkap Doni lagi.

Webinar kemarin juga menghadirkan Para pembicara,antara lain, Menkopolhukam Mahfud MD, Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin, I Dewa Wiarsa Raka Sandi, Komisioner KPU yang membidangi Divisi Sosialisasi & Parmas, dari Dewan Pers, dan wartawan budaya Yusuf Susilo Hartono.

Baca Juga:  Gagal Nikah dan Takut Hamil Saat Corona Tekan Angka Kehamilan di Bekasi

Webinar kedua oleh Mappilu PWI ini mengangkat tema

“Mewujudkan Pilkada Serentak 2020 yang Sehat dan Berbudaya” akan dimoderatori oleh Nurcholis MA Basyari dari Mappilu PWI.

Mahfud MD mengaku mengapresiasi Webinar Mappilu PWI yang dianggap turut membantu pemerintah menanggulangi COVID-19.

(rilis)