Kemendag Gandeng Facebook Berdayakan UMKM Di Tengah Pandemi

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan Facebook mengadakan serangkaian kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja pada Oktober hingga Januari 2021 guna membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal bertahan di tengah pandemi.

Peluncuran program kolaborasi Kemendag dan Facebook tersebut diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (3/10/2020).

“Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan platform daring seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp,” Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dikutip dari keterangan resminya.

Baca Juga:  Dongkrak Ekonomi, Kecamatan Cikadu Cianjur Gandeng ITB Desain Motor Balu

Kolaborasi ini diakuinya merupakan bentuk konkret pentingnya kerja sama pemerintah dan pihak swasta dalam mendukung program pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’ dan ketahanan UMKM lokal.

Sebagai langkah awal kolaborasi, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram untuk membantu para pelaku UMKM di seluruh Indonesia memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka.

Baca Juga:  BNPT Masih Lakukan Kajian Terkait Ponpes Al-Zaytun Berafiliasi dengan NII

“Dengan begitu, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui aplikasi digital dari Facebook,” ujarnya.

Dalam program kolaborasi yang berlangsung pada periode Oktober 2020—Januari 2021, Kemendag dan Facebook akan melaksanakan 10 kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM, perwakilan perdagangan, dan pegawai Kemendag.

Baca Juga:  Ingin Cepat Hamil? Ini Makanan Wajibnya

Adapun beberapa rangkaian kegiatan tersebut meliputi dua sesi pelatihan virtual Optimalisasi Sosial Media untuk pegawai Kemendag, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Atase Perdagangan.

Selain itu, akan dilakukan juga serangkaian penayangan konten IGTV series #BanggaBuatanIndonesia, kelas pelatihan lanjutan seputar fitur Facebook dan Instagram Shops, Masterclass Facebook sebagai wadah diskusi dan saling berbagi inspirasi antara sesama pelaku UMKM di Facebook Indonesia Page. (Red)