Jawa Barat Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional 2017

JABAR NEWS | BENGKULU – Pekan Olahraga Tradisional V Tingkat Nasional resmi ditutup, Jawa Barat menjadi Provinsi terbaik setelah menyabet Juara Umum dari 25 provinsi yang hadir di Bengkulu. Para peserta pun menunjukan kemampuannya dalam beberapa cabang olahraga tradisional yang dilombakan selama dua hari.

Pada acara penutupan sekaligus penyerahan tropi dan hadiah, Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hamka Sabri yang juga mewakili Plt Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan Olahraga Tradisional adalah satu alat pemersatu bangsa dan olaharga ini harus dimainkan dengan penuh kebahagiaan, kegembiraan dan suka cita. 

“Ajang ini sangat baik untuk generasi bangsa yaitu sebagai alat pemersatu, sebab selalu dimainkan dengan penuh ekspresi kebahagian, walaupun kalah tetap bahagia,” ujar Hamka dalam sambutannya saat penutupan Pekan Olahraga Tradisional ke V tingkat Nasional tahun 2017 di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, dilansir dari laman kemendagri.go.id, Rabu (11/10/2017).

Baca Juga:  Resmi, Prabowo Capres Gerindra

Menurutnya ,Olahraga Tradisional bukan sekedar olahraga, namun dapat menjadi penangkal timbulnya dampak negatif dari permainan-permainan modern seperti permainan dalam jaringan dan permainan di telepon pintar, bagi anak. 

“Anak zaman sekarang harus kembali diingatkan akan olahraga permainan tradisional, agar tidak terjerumus pada hal berbau negatif,” ungkap Hamka. 

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Olahraga Tradisional pada Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Drs Arman menyampaikan Olahraga Tradisional harua terus digalakkan pada setiap daerah, agar tidak terlupakan. Menurutnya ke depan Olahraga Tradisional diharapkan dapat disejajarkan dengan Olahraga prestasi lainnya. 

Baca Juga:  Presiden Jokowi Lantik Andika Perkasa Sebagai KSAD Hari Ini

“Setiap daerah harus terus menggelar olahraga tradisional, agar kedepan tidak terlupakan dan kita juga terus mengupayakan agar beberapa cabang olahraga tradisional dapat ikut serta dalam perhelatan olahraga prestasi lainnya,” tutur Arman yang mewakili Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI.

Berikut para juara Pekan Olahraga Tradisional V tingkat Nasional tahun 2017, untuk Cabang Olahraga Sumpitan Juara I diraih Provinsi Kalimantan Timur, Juara II Jawa Barat, Juara III Banten, dan Harapan I Kalimantan Tengah. Kemudian Cabang Olahraga Terompah Panjang Juara I diraih Provinsi Jawa Barat, Juara II Jambi, Juara III Banten, Juara Harapan I Bengkulu. 

Baca Juga:  Nenek 96 Tahun Asal Depok Tewas Tercebur Sumur Sedalam 20 Meter

Selanjutnya, untuk Cabang Olahraga Eggrang diraih Provinsi Banten, Guar II Sulawesi Selatan, Juara III Sumatera Barat, Juara Harapan I DKI Jakarta. Sedangkan Cabang Olahraga Hadang Juara I diraih Provinsi Jawa Barat, Juara II Jambi, Juara III Bangka Belitung, Juara Harapan I DKI Jakarta. Sedangkan, Kompetisi Surfing Juara I diraih Provinsi Bali, Juara II Bali, Juara III DIY, dan Juara Harapan I Jember.(*)

Jabar News | Berita Jawa Barat