JMN Channel


Waspadai Hal Ini Sebelum ke Pantai Cipatujah

Dibutuhkan empat alat peringatan dini tsunami di sepanjang pantai Tasikmalaya.

Ilustrasi- Pantai Cipatujah. (Foto: Net)

JABARNEWS | TASIKMALAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mengakui bahwa alat peringatan dini tsunami di kawasan Pantai Cipatujah tidak berfungsi dan dalam kondisi rusak sejak beberapa tahun lalu.

"Sama sekali belum ada (alat peringatan dini tsunami). Pernah ada satu di Cipatujah, tapi tak lagi berfungsi," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin di Tasikmalaya, Minggu (4/10/2020), dikutip dari Antara.

Baca Juga:

Waspada! Jabar Jadi Daerah Rawan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari Kedepan

20 Orang Jadi Korban Chikungunya, Pemkab Subang Dinilai Abai Lakukan Tindakan



Nuraedidin menuturkan, Kabupaten Tasikmalaya memiliki garis pantai yanh cukup panjang, berbatasan dengan Kabupaten Garut dan Pangandaran yang menghadap ke laut lepas Samudera Hindia.

Pantai selatan Tasikmalaya, menurut dia, memiliki potensi tsunami sejak peristiwa tsunami Pangandaran pada 2006 lalu. Meski begitu, belum banyak dipasang alat peringatan dini tsunami di kawasan pantai tersebut.

BPBD Kabupaten Tasikmalaya, lanjut dia, telah mendata kebutuhan alat peringatan dini tsunami di sepanjang pantai Tasikmalaya. Hasilnya, dibutuhkan empat alat yang saat itu sudah disampaikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BPBD Kabupaten Tasikmalaya Alat Peringatan Dini Tsunami Pantai Cipatujah Pesisir Pantai Tasikmalaya Nuraedidin Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Hujan Deras, Banjir Rendam Sejumlah Ruas Jalan di Bandung

Sejumlah Pohon Tumbang Saat Peristiwa Hujan Es di Bekasi

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi