Uu Ruzhanul Ulum Launching Pamsimas dan Serahkan Maskara di Subang

JABARNEWS | SUBANG – Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum melaunchingkan Program Nasional Penyediaan Air Minum (Pamsimas) III Tirta Jawara Wantilan sekaligus menyerahkan bantuan Mobil Maskara Tahun 2020 di Dusun Wantilan RW 04 Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Minggu (4/10/2020).

Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan bahwasannya Pamsimas adalah dulu pamsimas tidak ada karena masyarakat tidak kekurangan air. Tetapi hari ini banyak masyarakat yang kekurangan air karena sungai di mana-mana telah mengering.

Dikatakannya, dari waktu ke waktu jumlah masyarakat terus bertambah dan yang namanya kehidupan pasti butuh air. Oleh karenanya, dijelaskan Uu, solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air maka munculah program Pamsimas ini.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Mengaduk Semen

“Semoga kebutuhan air di Desa Wantilan bisa teratasi oleh pamsimas ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Uu menuturkan Mobil Maskara yang diberikan Pemprov untuk Desa di Kecamatan Cipeundeuy adalah mobil multi fungsi atau mobil siaga desa.

Yang kegunaannya, terang Uu, Misalnya untuk mobil angkutan pertanian, angkut jenazah, untuk hiburan hingga berfungsi sebagai panggung.

“Jadi mobil Maskara ini multifungsi dan bermanfaat untuk berbagai kegiatan di desa, dan bagian dari upaya mewujudkan Desa Juara. Salah satunya melalui program gerakan membangun desa,” jelas Uu memaparkan.

Baca Juga:  Tradisi Mudik Bisa Jadi Berkah Bagi Sektor Pariwisata dan Ekomi Kreatif

Sementara itu, Bupati Subang H Ruhimat mengatakan Program Pamsimas III ini adalah merupakan program kebutuhan dasar manusia. Dan hari ini Pamsimas III Tirta Jawara Wantilan telah diresmikan, semoga dapat memberikan banyak manfaat bagi warga Desa Wantilan.

“Kita juga menerima 4 mobil Maskara. Dan tentunya untuk kepala desa yang menerima bantuan pamsimas dan mobil ini bisa dipergunakan dengan maksimal dan bemanfaat bagi masyarakat desanya,” pesan Kang Jimat–sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Kalah 2 - 0 Dari Vietnam, Catatan Buruk Timnas Indonesia Berlanjut

Untuk diketahui, Program Pamsimas dilaksanakan di 163 desa yang berada di 28 kecamatan dengan total anggaran 52 miliar 625 juta rupiah yang dapat memenuhi kebutuhan 49356 kepala keluarga atau 164719 jiwa masyarakat Kabupaten Subang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang merupakan satu-satunya Pemda di Jawa Barat yang mengalokasikan anggaran untuk operasional dan pemeliharaan sebesar Rp5.500.000 per KP-SPAMS. Selain itu Pamsimas di Kabupaten Subang banyak dikunjungi oleh daerah lain dan khususnya dikunjungi langsung dari bank dunia. (Red)