Waduh! Kota Bandung Masuk Zona Merah Covid-19, Ini Kata Ridwan Kamil

JABARNEWS | BANDUNG – Lagi-lagi Pemprov Jabar mengumumkan adanya daerah yang masuk zona merah Covid-19 karena terjadi pergeseran peta risiko penyebaran Covid-19 di Provinsi Jabar.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, Kota Bandung masuk kedala daftaran lima daerah zona merah Covid-19 dengan risiko penyebaran Covid-19 yang mesti diwaspadai.

“Kota Bandung zona merah, Kabupaten Bandung Barat zona merah, Kota Bogor zona merah, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi zona Merah,” ujar Ridwan Kamil, Senin (5/10/2020).

Sedangkan dari sekitar 5.300 desa/kelurahan di Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan terdapat 10 desa/kelurahan yang masuk risiko tinggi penyebaran Covid-19. Di mana 8 desa kelurahan Berada di Depok.

Baca Juga:  Zona Merah di Jabar Sisakan Dua Wilayah, Ridwan Kamil: Mari Disiplin 3M

“Besok saya ngantor lagi di Depok untuk membantu pengendalian kasus Covid-19 di Bodebek, mengawasi Bogor, Bekasi dan lain-lain,” katanya.

Kendati demikian, terhitung sejak pekan lalu, Ridwan Kamil mengklaim, untuk epidemiologi terjadi penurunan kasus 28 persen dari minggu minggu sebelumnya. Dia tak menampik, kasus Covid-19 di Jabar naik turun.

“Tapi dibanding dua minggu lalu dan minggu lalu ada penurunan 28 persen. 73 persen sumbangan kasus harian datang dari Bodebek,” imbuhnya.

Baca Juga:  Waspada Covid-19, Ridwan Kamil: Bupati dan Wali Kota Tidak Bisa Berleha-leha

Diketahui, sudah satu pekan ini Ridwan Kamil memang getol melakukan kunjungan kerja di Kota Depok yang sebelumnya berstatus zona merah. Hal tesebut dilakukan untuk memantau penyebaran Covid-19 di Bodebek.

Terpisah dari itu, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmadja mengatakan status zona merah yang disandang lima daerah itu dikarenakan makin meningkatnya penularan Covid-19 di daerah tersebut.

Baca Juga:  Bambang Soesatyo: GBHN untuk Tanggapi Ancaman

“Kota Bandung dan Kota Bekasi, padahal tadinya masuk risiko sedang. Kabupaten Bandung Barat minggu lalu risiko sedang, sekarang jadi risiko tinggi,” tutur Setiawan.

Sementara itu 13 daerah lainnya di Jawa Barat masuk zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid-19. Termasuk Kota Depok, Kota Cirebon, dan Kabupaten Cirebon yang masuk ke zona oranye kembali atau zona dengan risiko penularan sedang. Sembilan kota dan kabupaten lainnya masuk zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19. (Red)