Dewan Pers: Media Harus Ingatkan Masyarakat Soal Protokol Kesehatan

JABARNEWS | JAKARTA – Media diminta berperan mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Sebab akhir pandemi covid-19 belum bisa diprediksi dan dikhawatirkan rumah sakit kesulitan menampung pasien korona.

“Akibatnya fatality rate (angka kematian) akan semakin tinggi,” kata Ketua Dewan Pers M. Nuh saat membuka seminar terkait Undang-Undang Pers di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga:  Gelar Unras, Begini Kegelisahan Ribuan Buruh di Cianjur Soal Omnibus Law

Selain itu, Ia juga meminta media massa terus menumbuhkan optimisme publik. Sebab pandemi tidak hanya berdampak pada sistem kesehatan, tapi juga aspek sosial, dan ekonomi.

Baca Juga:  Ingin Pintu Mobil Kalian Tidak Mudah Rusak? Lakukan Cara Ini

Menurutnya, kehadiran pers harus menghidupkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Media, kata dia, harus menjadi penyubur agar nilai-nilai itu bisa tumbuh dengan baik.

M. Nuh meminta media menjembatani realitas dan hal yang seharusnya dilakukan oleh pengambil kebijakan. Permintaan ini sekaligus merespons polemik terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) di tengah pandemi.

Baca Juga:  Sebabkan Banjir, Ratusan Bangunan Liar di Kemang Diratakan

“Pers menyampaikan apa yang seharusnya dan apa yang menjadi kenyataan. Pers menjadi jembatan keduanya dan melakukan kritik, edukasi,” kata dia. (Red)