Simak, Ini Cara Aman Bergaul di Tengah Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Manusia sebagai makhluk sosial butuh berinteraksi dan bersosialisasi dengan manusia lain. Yang jadi tantangan, kini tengah pandemi COVID-19.

Tak ada salahnya jika ingin berjumpa secara langsung. Yang penting tetap menjaga protokol kesehatan dengan selalu #pakaimasker #jagajarak serta #cucitangandengansabun. Namun bila sulit bertemu langsung, jangan khawatir, masih banyak cara lain untuk tetap berinteraksi.

Psikolog anak, remaja, dan keluarga Saskhya Aulia Prima memberikan beberapa cara untuk tetap menjalin dan memperkuat hubungan dengan kawan selama pandemi walau tidak ada kesempatan untuk bertatap muka secara langsung. Pertama, lakukan kegiatan baru yang bisa dilakukan bersama-sama.

Baca Juga:  Beri Dukungan Pencarian Eril, Presiden Jokowi Telepon Ridwan Kamil

“Eksplorasi aplikasi, kursus, olahraga atau aktivitas do-it-yourself yang bisa dikerjakan bersama-sama,” kata Saskhya.

Banyak aplikasi menarik yang bisa membuat Anda berinteraksi bersama teman, misalnya bernyanyi bersama, membuat video bersama, atau bertemu secara virtual untuk merekam podcast berdua. Kelas-kelas olahraga virtual juga semakin menjamur di tengah penyebaran virus corona. Mengajak teman untuk ikut serta dapat meningkatkan semangat untuk hidup sehat bersama-sama.

Baca Juga:  Empat Elemen Masyarakat di Jabar Deklarasikan Demo Anti Anarkis

Kedua, kirimkan kejutan kecil ke rumah teman. Ungkapkan perhatian kepada teman melalui hadiah sederhana ke rumahnya, baik itu berupa makanan, masker, atau aksesoris lain yang bermanfaat di tengah pandemi. Kebiasaan seperti ini biasanya dilakukan menjelang hari raya, tapi tak ada salahnya untuk menyenangkan orang lain di hari-hari biasa.

Ketiga, emotional check in. Tanyakan kepada kawan mengenai perasaan mereka selama berdiam diri di rumah. Anda bisa bertanya tentang bagaimana perasaannya selama berinteraksi dengan keluarga saat di rumah berbulan-bulan, apa yang membuatnya nyaman di rumah, apa yang membuat hati senang akhir-akhir ini, juga apa hal baru yang ingin dicoba.

Baca Juga:  Karena Hal Ini Pembangunan Lanjutan Mal Pelayanan Publik di Cimahi Gagal

Keempat, pesta virtual. Nongkrong bersama teman juga bisa tetap dilakukan meski lewat layar gawai. Manfaatkan teknologi untuk saling terhubung meski sedang berjauhan. Anda bisa menonton episode drama favorit bersamaan sambil tetap bercengkerama lewat pesan singkat. Walau rasanya tetap berbeda dibandingkan nonton dalam ruangan yang sama, setidaknya Anda bisa terhibur membaca komentar teman-teman. (Red)