Doni Monardo: OTG Covid-19 adalah Pembunuh Potensial

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo menegaskan, orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 lebih berbahaya dibandingkan pasien corona di rumah sakit. Sebab, OTG tidak mudah diketahui dan seperti silent killer.

Doni mengatakan yang berbahaya itu bukan pasien Covid yang sudah dirawat di rumah sakit, kalau pasien Covid yang dirawat di rumah sakit bisa kita hindari.

Baca Juga:  Kang Uu Salurkan Bansos Jabar Di Purwakarta

“Tetapi mereka yang sudah terkonfirmasi positif namun belum dilakukan pemeriksaan dan mereka adalah tanpa gejala atau OTG, nah kelompok OTG ini saya katakan silent killer adalah pembunuh potensial,” kata Doni dalam Acara Media Bertanya Doni Monardo Menjawab, Jumat (9/10/2020).

Menurut dia, secara tidak sadar OTG membawa virus ketika pulang ke rumah. Hal itu berbahaya jika terpapar keluarga yang lanjut usia dan mengidap penyakit penyerta.

Baca Juga:  Disebut Bakal Pimpin Tim Pemenangan Anies-Cak Imin, Begini Penjelasan Najwa Shihab

“Ketika mereka pulang ke rumah, tanpa sadar, tanpa sengaja bisa menulari keluarga yang lain dan apalagi keluar tersebut punya resiko tinggi punya komorbid dan juga lansia maka sangat fatal,” tuturnya.

Kepala BNPB ini menjelaskan, bahwa proses penularan Covid berasal dari manusia. Terutama, dari orang-orang terdekat dan sekitar.

Baca Juga:  Target Capai 24 Miliar, Retribusi IMB Kota Depok Bisa Terealisasikah?

“Covid ini proses penularannya bukan melalui hewan seperti flu babi atau flu burung, tetapi manusia dan orang yang menulari kita bukan orang jauh, bukan dari orang yang dari daerah berbeda, tapi orang yang ada didekat kita, sekitar kita,” jelasnya. (Red)