Disnaker KBB Pulangkan TKW Ilegal Asal Cililin yang Sempat Viral

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sempat viral di media sosial rekaman video seorang tenaga kerja wanita (TKW) yang meminta dipulangkan dari Arab Saudi, karena menderita sakit ginjal.

Setelah menunggu selama tiga bulan, TKW bernama Yulia Sulastri (35) binti Asep Sutisna itu akhirnya bisa pulang ke rumahnya, di Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada 10 Oktober 2020.

Kepulangannya turut difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB. Padahal, Yulia berangkat ke Arab Saudi tidak melalui prosedur resmi, dan baru bekerja selama lima bulan dari masa kontrak dua tahun.

Baca Juga:  Soal Video Penolakan Pemulasaran Jenazah Covid-19, Ini Kata Kadinkes Cirebon

“Kami menjemput Yulia di Bandara Soekarno Hatta tadi pagi dan sekarang alhamdulillah sudah sampai dengan selamat di rumahnya,” kata Kepala Disnakertrans KBB Iing Solihin melalui Kasi Penempatan dan Perluasan Kerja Sutrisno, Sabtu (10/10/2020).

Baca Juga:  Waduh! Dituding Berkampanye Saat Safari Politik di Aceh, Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu RI

Dia menjelaskan, Disnaker KBB berupaya memulangkan Yulia atas dasar perintah dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Disnaker lantas menjajaki komunikasi dengan dengan pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Luar Negeri.

Komunikasi tersebut sebagai langkah untuk memulangkan Yulia. Disnaker juga meminta kepada perusahaan yang memberangkatkan Yulia untuk bertanggung jawab dalam pemulangannya.

“Semua proses berjalan lancar hingga yang bersangkutan bisa pulang. Kami jemput langsung, karena dari hasil swab test ibu dua anak itu telah dinyatakan negatif Covid-19,” terangnya.

Baca Juga:  Ini Lima Tim Raksasa Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Disinggung mengenai keberangkatannya ke Arab Saudi, dia mengakui jika Yulia berangkat tidak secara resmi. Oleh sebab itu, penyakit ginjalnya tidak terdeteksi saat berangkat karena prosedur pemeriksaan kesehatan tidak ditempuh.

“Berangkatnya ilegal tapi kami tetap bantu. Sponsor yang memberangkatkannya ialah tetangga dia,” pungkasnya. (Yoy)