Oppo Reno4 F Jadikan Aktivitas Vlogging Semakin Seru

JABARNEWS | BANDUNG – Memasuki bulan-bulan terakhir di tahun 2020, OPPO kembali meluncurkan seri smartphone terbarunya. Selain Oppo A33, OPPO juga meluncurkan seri Oppo Reno 4F. Smartphone yang rencananya akan diluncurkan pada 12 Oktober 2020 ini mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari para pengguna Oppo. Terutama, bagi mereka yang gemar melakukan aktivitas vlogging.

Seri turunan Oppo Reno 4 ini dikabarkan memiliki tampilan yang beda dan lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Tidak hanya itu saja, smartphone ini juga mengusung spesifikasi dan fitur-fitur yang sudah disempurnakan oleh OPPO. Dijual dengan kisaran harga 4 jutaan, berikut adalah spesifikasi dari Oppo Reno4 F.

1. Desain – Dari tampilan desain, benar adanya bahwa Oppo Reno4 F memiliki penampilan yang berbeda dari seri sebelumnya. Oppo Reno4 F hadir dengan bodi yang tipis dengan ketebalan sekitar 7.4 mm. Ketebalan tersebut memang lebih tipis jika dibandingkan dengan Oppo Reno 4 yang memiliki tebal sekitar 7.7 mm. Tampilan layar 6.43 inch yang dimiliki smartphone ini juga terasa semakin luas berkat desain bezel less dengan notch jenis double punch hole. Anda pun dapat menikmati aktivitas bermain game sepuasnya maupun streaming film dengan lebih leluasa.

Tampilan layar Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 pixel pada smartphone ini juga akan sangat memanjakan indera penglihatan Anda. Selain itu, Oppo Reno4 F juga dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass sebagai pelindung. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir saat smartphone ini tidak sengaja terjatuh dari genggaman. Karena lapisan Corning Gorilla Glass akan menjaga layar dari terkena goresan saat jatuh maupun saat Anda tak sengaja menggunakan kuku. Smartphone seri Oppo Reno ini menawarkan 3 variasi warna yang menggoda, yaitu Magic Blue, Matte Black, dan White.

2. Dapur Pacu – Untuk saat ini, OPPO belum membocorkan secara lengkap spesifikasi dapur pacu yang dimiliki oleh Oppo Reno4 F. Namun, sejauh ini Anda mengetahui bahwa smartphone ini akan mengusung tipe OS Android terbaru, yaitu Android 10. Selain itu, OPPO juga memilih ColorOS 7.2 untuk User Interface. Selain itu, smartphone ini juga akan memiliki kapasitas RAM yang cukup besar. Kapasitas RAM yang ditawarkan oleh Oppo Reno4 F ini adalah 8 GB, yang sangat ideal bagi Anda yang gemar memainkan berbagai macam game smartphone. Selain itu, aktivitas streaming film dan multitasking pun dijamin akan berlangsung lancar dengan menggunakan perangkat smartphone ini.

Mengintip kapasitas memori internal, Oppo Reno4 F ini kabarnya akan mengusung kapasitas memori sebesar 128 GB. Anda juga dapat meningkatkan memori tersebut dengan menggunakan slot microSDXC yang tersedia. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai macam file gambar maupun video vlogging dengan leluasa. Anda bahkan juga bisa menyimpan aplikasi game dengan kapasitas sedang hingga berat tanpa harus khawatir akan membebani smartphone. Tak hanya populer di kalangan vlogger saja, Oppo Reno4 F juga nampaknya akan menjadi pilihan bagi para gamer.

Baca Juga:  Warga Sei Mulio Siap Dukung Pasangan Soekirman dan Tengku Ryan, Ini Alasannya

3. Kamera – Sektor kamera tentunya menjadi perhatian utama. Bisa dibilang, Oppo Reno4 F menjadi salah satu perangkat smartphone terbaik untuk aktivitas vlogging dan fotografi. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan quad-camera pada bagian belakang dan dual camera untuk kamera selfie. Kamera belakang smartphone ini mengusung lensa utama (wide) berukuran 48 MP. Kamera utama tersebut didukung dengan lensa bantu ultrawide beresolusi 8 MP, dan 2 kamera depth masing-masing memiliki resolusi 2 MP. Sedangkan untuk kamera depan, Oppo Reno4 F memiliki dual-camera dengan resolusi 8 MP dan 2 MP. Fitur HDR menjamin Anda bisa memperoleh kualitas foto dan video yang memuaskan.

4. Baterai – Tak hanya dari segi kamera saja, Oppo Reno4 F juga cukup unggul dalam sektor baterai. Smartphone ini dibekali dengan baterai Li-Po berdaya 4000 mAh yang lumayan tangguh. Dengan baterai ini, Anda dapat menjalankan berbagai macam aplikasi dengan leluasa selama mungkin. Untuk pengisian daya baterai pun tidak akan memakan waktu yang lama. Pasalnya, Oppo Reno4 F dibekali dengan pengisian daya Fast Charging dan memiliki output 18W. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama hingga baterai terisi penuh dan siap untuk digunakan kembali.

Inilah Tips Membuat Vlog yang Praktis untuk Para Pemula – Vlogging menjadi kegiatan terpopuler yang diminati oleh generasi muda saat ini. Dengan berbekalkan smartphone Oppo Reno4 F misalnya, Anda dapat membuat berbagai macam konten vlog yang menarik. Bagi pemula, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membuat konten vlog perdana Anda. Simak ulasan tips lebih lengkapnya berikut ini:

1. Tentukan Tujuan dari Konten Vlog – Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat konten vlog adalah menentukan tujuan. Banyak sekali konten-konten vlog yang terkesan asal-asalan dengan tujuan yang tidak jelas. Terkadang, satu-satunya hal yang didapat hanyalah sensasi semu saja. Jika Anda ingin memberikan kesan yang impactful, maka menentukan tujuan pembuatan vlog tersebut sangatlah diperlukan.

Misalnya, Anda ingin membuat vlog yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk. Maka Anda dapat membuat konten yang kreatif yang bertujuan untuk mempromosikan produk tersebut. Misalnya, untuk produk makanan Anda bisa membuat konten mukbang yang memang sedang hits beberapa tahun belakangan ini. Atau, Anda juga bisa membuat tutorial makeup untuk promosi atau endorse produk kecantikan tertentu.

Baca Juga:  Ratu Narkoba Sialang Buah Sergai Diringkus Polisi

2. Rencanakan Ide – Setelah Anda menemukan tujuan, kini saatnya Anda merumuskan ide. Untuk merencanakan ide vlog tentulah memerlukan pemikiran yang kreatif. Anda perlu memastikan bahwa ide konten yang dibuat tidak basi dan diminati oleh masyarakat luas. Konsep ide yang fresh dan lain daripada yang lain juga bisa menarik jumlah viewer yang lebih banyak. Bagi Anda yang mengalami kesulitan, tidak perlu khawatir. Anda bisa mencari inspirasi dengan menonton video vlog dari para vlogger ternama di YouTube. Di situ, Anda akan menemukan ide konten yang sangat beragam.

Konten vlog tidak harus melulu tentang mukbang atau review produk. Anda juga bisa membuat ide konten yang sesuai dengan hobi. Bagi Anda yang hobi traveling misalnya, dapat menyusun ide konten dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih jarang dikunjungi di Indonesia. Atau, Anda juga bisa menyusun ide konten bermuatan humor. Vlog humor tentunya akan sangat ramai diminati oleh netizen Indonesia. Bagi Anda yang berjiwa seni, juga bisa membuat vlog cover lagu atau tutorial menggambar. Semakin unik konten tersebut, akan semakin banyak pula orang yang tertarik untuk subscribe dan menonton video-video dari Anda.

3. Menentukan Durasi pun Tak Kalah Penting – Durasi video pun menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan saat membuat vlog. Durasi video yang terlalu singkat tentunya membuat penonton jadi merasa kurang puas. Anda juga mungkin akan mengalami kesulitan dalam merangkum hal yang ingin disampaikan. Namun, hal tersebut bukan berarti mustahil. Lihat channel vlog Nas Daily, misalnya. Nas sangatlah populer dengan video vlognya yang memiliki durasi hanya 1 menit saja. Tentu saja, Anda perlu cara untuk merangkum dan membawakan informasi yang penting tersebut dalam jangka waktu yang singkat.

Sebaliknya, merekam vlog dengan durasi yang panjang juga pasti akan terasa membosankan. Terlebih lagi, manusia memiliki attention span yang cukup singkat. Durasi vlog yang terlalu panjang dapat mengakibatkan penonton Anda menjadi bosan atau bahkan mengantuk. Jika Anda ingin membuat konten vlog yang panjang, sebenarnya tidak ada masalah. Namun, akan lebih baik jika Anda membagi konten tersebut menjadi beberapa video dengan durasi yang singkat. Jangan lupa, gunakan kata-kata yang memancing perhatian sehingga penonton akan tergoda untuk menonton seri vlog lainnya.

4. Pilih Smartphone dengan Kualitas Kamera yang Mumpuni – Untuk merekam vlog, Anda juga membutuhkan perangkat kamera yang tepat. Untungnya, Anda bisa memperoleh spesifikasi kamera yang sempurna untuk vlog dengan menggunakan Oppo Reno4 F. Smartphone ini memiliki kamera belakang jenis Quad yang menghasilkan kualitas video yang sangat jernih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kamera depan dengan dua lensa yang menghasilkan video dengan kualitas grafis yang tajam dan jelas. Untuk saat ini, belum ada ulasan lebih jelas tentang fitur-fitur yang terdapat pada kamera smartphone ini. Namun, Anda bisa memiliki ekspektasi yang lebih terhadap smartphone keluaran OPPO teranyar ini.

Baca Juga:  Cara Urus Sertifikat Halal Untuk UMKM, Kemenag Beberkan Langkahnya Ini

5. Manfaatkan Aplikasi Video Editor – Setelah selesai merekam, tentunya Anda membutuhkan untuk mengedit video tersebut. Untuk itu, tentunya Anda harus mengunduh aplikasi video editor. Kebanyakan video editor dengan fitur-fitur yang lengkap akan memakan memori yang cukup besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena Oppo Reno4 F ini dibekali dengan memori internal yang cukup lapang, yaitu 128 GB. Dengan kapasitas memori sebesar itu, Anda dapat mengunduh aplikasi video editor terbaik. Selain itu, smartphone ini juga mengusung RAM seluas 8 GB. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir video editor tersebut mengakibatkan lagging pada smartphone Oppo ini.

Selain itu, Oppo Reno4 F juga dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Baterai yang perkasa tersebut dapat mendukung aktivitas video editing lebih lama. Anda tidak perlu khawatir baterai akan tersedot habis selama menjalankan aplikasi video editing tersebut. Terlebih lagi, seri terbaru dari Oppo Reno ini juga mengusung fitur Fast Charging berdaya output 18W. Anda tidak perlu menunggu waktu yang terlalu lama untuk kembali mengedit atau merekam video untuk konten vlog.

6. Buat Thumbnail Vlog yang Menarik – Setelah selesai merekam dan mengedit video, jangan lupa untuk menyertakan thumbnail video yang menarik. Ibarat cover pada buku, thumbnail video berperan untuk menarik perhatian penonton sehingga mereka memilih untuk menonton vlog Anda. Nah, karena itulah Anda perlu mengetahui cara membuat thumbnail vlog yang menarik. Anda bisa mengambil gambar dari adegan yang paling menarik dan menambahkan tulisan judul dari video tersebut. Untuk menemukan ide thumbnail, Anda juga bisa mencari inspirasi vlog dari media sosial Facebook atau lewat aplikasi YouTube. Semakin sering Anda berlatih membuat thumbnail, kreativitas Anda pun akan semakin terasah. Sehingga, Anda pun akan semakin alih dalam membuat thumbnail video.

Itulah spesifikasi dari Oppo Reno4 F beserta dengan tips vlogging dengan kamera smartphone ini. Semoga informasi di atas memberikan inspirasi bagi Anda. Yang jelas, Anda pun jadi makin tidak sabar menyambut kedatangan Oppo Reno4 F ke Indonesia, bukan? (Red)