Bank bjb Rangkul Pengusaha Rengginang, Permudah Akses Layanan Pemodalan

RNEWS | KABUPATEN BOGOJABAR – Bank bjb merangkul para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khas kuliner rengginang di Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor guna penguatan dan fasilitas permodalan di daerah melalui pelayanan dan jasa keuangan yang dimiliki perseroan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan pengenalan produk perbankan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ini merupakan bagian dari upaya bank bjb untuk melakukan penetrasi literasi dan inklusi keuangan di daerah-daerah.

“Kehadiran bank bjb di tengah masyarakat diharapkan akan mendorong ketertarikan mereka memanfaatkan fasilitas keuangan perbankan demi membantu mengembangkan usahanya.

Kami selalu mendorong para pelaku UMKM agar menjadi bankable demi memudahkan langkah usaha mereka,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (12/10/2020).

Baca Juga:  Grand Final MasterChef Indonesia Season 11, Siapakah Yang Akan Menjadi Pemenangnya?

Dia menjelaskan problem klasik yang sering mengganjal para pelaku usaha mikro adalah masalah permodalan. Lewat edukasi dan literasi dengan pola jemput bola, bank bjb mencoba merangkul pala pelaku UMKM agar mereka dapat memanfaatkan fasilitas pembiayaan perbankan,” kata Widi.

Upaya dukungan terhadap UMKM ini selaras dengan langkah bank bjb dalam membantu pemerintah untuk mengakselerasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dikemas oleh bank bjb via program bjb PENtas (Penguatan Ekonomi Nasional, Tangguh dan Sejahtera) yang merupakan inisiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Mendagri Akan Evaluasi Rencana Pelantikan Sekda Kota Bandung

Ikhtiar ini salah satunya diimplementasikan melalui dukungan pembiayaan kepada segmen UMKM dan sektor produktif padat karya. 

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan perusahaan mensosialisasikan sejumlah produk kredit yang relevan dan dapat dimanfaatkan pelaku UMKM, antara lain Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) untuk mempersiapkan kehidupan di hari tua, dan berbagai produk keuangan lainnya.

Dalam sosialisasi antara bank bjb kemarin dihadiri oleh 15 orang perwakilan pengrajin rengginang. Mereka juga diminta untuk menyampaikan lebih lanjut informasi terkait fasilitas keuangan bank bjb kepada para pengrajin lainnya. Para pengrajin rengginang ini nampak antusias dan menunjukkan ketertarikannya mengakses fasilitas dukungan pembiayaan yang dikenalkan bank bjb.

Baca Juga:  Pilkada Serentak 2020, PKB Jabar Usul Gunakan E-voting

Fasilitas pembiayaan perbankan yang ditawarkan bank bjb dipandang sebagai salah satu alternatif paling menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan permodalan yang selama ini menghambat perkembangan usaha para UMKM.

Kredit modal bank bjb, khususnya Kredit Mesra dan KUR yang diperkenalkan, mampu menjawab kebutuhan pelaku UMKM dengan berbagai kemudahan dan keringanan yang ditawarkan.

Kehadiran produk unggulan dari bank bjb ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga mereka dapat terlepas dari jeratan rentenir bank emok yang selama ini kerap menawarkan iming-iming bantuan yang justru terasa memberatkan bagi para pelaku usaha mikro.(rilis)