Menjadi Inovator, Baznas Peduli Rutilahu Warga Tak Mampu di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Baznas Jabar melalui Forkominda Cianjur dan non-pemerintah berkolaborasi peduli melakukan program perbaikan atau renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) untuk keluarga tidak mampu.

Seperti halnya, rumah milik keluarga Apud (87) seorang kakek warga Kampung Sadewata RT 02/03, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Senin (12/10/2020).

Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudradjat Abdurachim mengatakan, saat ini Baznas Jawa Barat melibatkan Baznas Cianjur menjadi inovator bagi lembaga lain dalam mendukung pembangunan khususnya di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:  Kantor Desa di Bandung Barat Dirusak Dua Kali, Pecahan Kaca Berserakan

“Semoga perbaikan (renovasi) rumah dilakukan ini, bisa bermanfaat dan menjadi barokah kepada yang berhak sebagai penerima manfaat,” katanya saat menghadiri kegiatan pelaksanaan program perbaikan rutilahu program Baznas Jabar.

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Jawa Barat, Sri Fadilah menyampaikan, pogram ini dapat dilaksanakan menggunakan dana masyarakat yang dihimpun oleh Baznas Jabar.

Ia mengatakan, program rutilahu memang diperuntukan untuk masyarakat dhuafa yang mereka selama ini tinggal di rumah yang menurut warga sekitar dan juga survey relawan pihaknya sangat tidak layak.

Baca Juga:  Waduh! Tujuh Kecamatan di Garut Zona Merah Covid-19, Masyarakat Waspada

“Tentunya perlu tepat sasaran dan menerapkan skala prioritas, dan abah Apud sangat layak untuk kami bantu” katanya.

Prosesi simbolis pemberian rumah tersebut diberikan kepada abah Apud langsung oleh Pjs. Bupati disaksikan oleh Sri Fadilah juga H .Yosef Umar, Ketua Baznas Cianjur, dihadiri pula unsur Forkopincam Karengtengah.

Terpisah, abah Apud (87) mengakui, merasa bersyukur beserta istrinya. Dan, sebelumnya tidak menyangka, karena selama puluhan tahun tinggal dengan kondisi rumah tidak layak huni.

Baca Juga:  BPBD Jabar Minta Masyarakat Waspadai Potensi Bencana

“Mungkin saat ini atas izin Allah SWT dapat menempati rumah layak, baik dan sehat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hanya bisa bersyukur kepada Allah SWT. Dan, mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pak bupati dan Baznas Jabar.

“Selain itu kepada para pihak lain yang telah memperbaiki rumah kami,” pungkasnya. (Mul)