Longsor di Tasikmalaya, Satu Orang Tewas dan Satu Rumah Hancur

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menyatakan, satu orang meninggal dunia akibat tertimbun longsor di Desa Malatisuka, Kecamatan Gunung Tanjung, Senin (12/10/2020).

“Di Kecamatan Gunung Tanjung, Desa Malatisuka, longsor, satu orang meninggal dunia, satu rumah hancur,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin kepada wartawan.

Baca Juga:  Mendes PDTT Dorong BUMDes Jadi Sumber Utama Pembangunan Desa

Berdasarkan laporan, terang dia, korban meninggal tersebut ialah Abdul Rohman (83). Korban tidak berhasil menyelamatkan diri ketika bencana longsor menimpa rumahnya.

Selain menimbulkan korban jiwa dan kerusakan rumah, Nuraedidin menyatakan bahwa fasilitas umum juga ikut terdampak longsor. “Akses jalan di beberapa titik juga terputus,” ujarnya.

Baca Juga:  Pertemuan Kedua EdWG G20, Kemendikbudristek Dorong Pemulihan Pendidikan Berbasis Gotong Royong

Dia menyampaikan, bencana alam banjir dan longsor di Tasikmalaya terjadi di 11 kecamatan. Bencana tersebut terjadi setelah hujan deras yang berlangsung lama pada Minggu (11/10/2020).

Petugas BPBD, kata dia, sudah diterjunkan untuk membantu warga yang terdampak bencana. Petugas berupaya membersihkan material longsor yang menimbun rumah maupun badan jalan.

Baca Juga:  Rapat dengan DPD RI, Mendagri: Buka Iklim Investasi Daerah

“Kami bagi beberapa tim untuk melakukan penanganan bencana,” ujar Nuraedidin.

Petugas di lapangan, kata dia, juga masih melakukan pendataan secara akurat terkait jumlah rumah warga dan kerugian materi dampak dari bencana alam tersebut.

“Kami masih melakukan penanganan dan pendataan di lapangan,” katanya. (Ara)