MPR RI Dukung Wacana Perubahan Nama Jabar Jadi Provinsi Sunda

JABARNEWS | BANDUNG – Wacana Penggantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda kembali bergulir. Hal itu menyusul mencuatnya wacana penggantian nama Provinsi Sumatra Barat menjadi Provinsi Minangkabau.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Fadel Muhammad Al Haddar mengatakan, penggantian nama Provinsi Jabar menjadi Provinsi Sunda, sebuah hal yang wajar.

Baca Juga:  Mensos Singgung Kepala Daerah dan Dinsos Terkait Data Penerima Bansos

Oleh karena itu, dia meminta panitia Kongres Sunda memperjuangkan penggantian nama provinsi melalui komunikasi lebih luas dengan tokoh-tokoh masyarakat Sunda.

“Dekati Presiden. Cari tokoh. Minta waktu. Insya Allah bisa,” kata Fadel di Perpustakaan Ajip Rosidi Jalan Garut nomor 2, Kota Bandung, Senin (12/10/2020).

Baca Juga:  Kasdam Siliwangi Dorong Budidaya Sereh Wangi di Majalengka, Ini Alasannya

Dia menjelaskan, pihaknya dulu mendirikan Provinsi Papua Barat yang sebelumnya menggunakan nama Irian Barat. Selain itu, Provinsi Gorontalo yang tidak menggunakan Sulawesi di depannya, padahal Provinsi lainnya menggunakan Sulawesi, seperti Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, atau Sulawesi Tenggara.

“MPR memiliki tugas untuk menyerap aspirasi yang berkembang masyarakat, nanti pada waktunya kami sampaikan kepada Presiden,” jelasnya.

Baca Juga:  Resmi Jadi Sekda Jabar, Inilah Pesan Ridwan Kamil

Menurutnya, hal-hal tersebut merupakan hal yang biasa, akan tetapi spirit-spirit batu untuk mengganti nama provinsi sudah muncul. Dia tidak mempersoalkan aspirasi tersebut, karena tujuan mereka untuk memunculkan budaya masing-masing daerah serta agar budaya daerah tidak hilang. (Rnu)