Ada Kabar Gembira Dari Dewan Pers dan Satgas Covid-19 Nasional, Ini Katanya

JABARNEWS | JAKARTA – Dewan Pers bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyelenggarakan seleksi Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku untuk seluruh pegiat jurnalistik (wartawan) di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dibuka pendaftarannya sejak 3 Oktober 2020 ini telah meloloskan sebanyak 3.517 wartawan dari total pendaftar yang mencapai 4.963 orang.

Ketua Tim Kerja FJPP

Agus Sudibyo mengatakan, program ini cukup diminati oleh wartawan. Oleh sebab itu, pihaknya membuka beberapa gelombang untuk bisa memberikan kesempatan kepada seluruh wartawan di Indonesia.

“Sampai pendaftaran gelombang pertama ditutup pada 11 Oktober peminat masih bertambah. Kami memutuskan untuk membuka pendaftaran gelombang kedua, dibuka mulai hari ini dan ditutup pada Minggu 18 Oktober 2020,” terang Agus di Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga:  Jabar Jadi Rujukan Pengentasan Kemiskinan di Indonesia

Agus yang juga sebagai Anggota Dewan Pers itu juga mengatakan, pihaknya melakukan seleksi tersebut dengan melibatkan perwakilan asosiasi perusahaan media dan asosiasi jurnalis konstituen Dewan Pers.

“Seleksi meliputi administrasi sesuai persyaratan kuota provinsi, media, jenis platform,” tutur dia.

Adapun Agus mengimbuhkkan, kegiatan

Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku ada tiga program yang diantaranya; Pertama, menggalakkan pemberitaan pers berperspektif perubahan perilaku guna pencegahan penularan Covid-19.

Kedua, memperkaya konten berita media yang menekankan pentingnya kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan.

Ketiga, melibatkan wartawan sebagai agen perubahan perilaku melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi publik dalam menghadapi bencana nasional.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Angkat Batu

Program ini sangat terbuka untuk setiap wartawan di seluruh Indonesia yang memiliki berminat untuk ikut berperang bersama-sama dalam porsi kejurnalistikan melawan pandemi Covid-19 terutama untuk media yang terdampak Covid-19.

Terpisah dari itu, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto menambahkan, masih terbuka bagi jurnalis di 24 provinsi, termasuk DKI Jakarta, untuk mengikuti program karena memiliki jumlah pendaftar di bawah kuota yang ditentukan tim kerja.

Baca Juga:  Milangkala Ke-7, Kompas Purwakarta Gelar Penanaman Pohon

Dia mengatakan para jurnalis bisa mendaftar secara daring melalui portal www.ubahlaku yang kembali dibuka sejak pagi ini. “Mekanismenya simpel, bila persyaratan lengkap, hanya perlu waktu sekitar 5 menit untuk register.” tuturnya

Saat ini, masih terbuka kuota peserta program sejumlah 2.283 orang untuk semua plafform media baik cetak, online, televisi, dan radio. Total kuaota yang kami siapkan 5.800 orang.

“Dari pengalaman gelombang pertama, jurnalis radio paling sedikit yang mendaftar, jadi kesempatan mereka masih terbuka lebar. Namun, untuk platform lain juga masih terbuka kesempatan,” tambah Agus. (Red)