Inti Jabar Ajak Masyarakat Pertahankan Budaya Nusantara

JABARNEWS | BANDUNG – Himpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Jawa Barat mengajak seluruh masyarakat untuk mempertahankan dan melestarikan budaya Nusantara agar tidak tergerus tren dan budaya luar.

Ketua INTI Jabar, Dedi Wijaya mengatakan budaya adalah wariskan leluhur suatu negara kalau tidak ada budaya itu negara akan hancur. Jadi, lanjut dia, keturunan atau generasi berikutnya wajib mempertankan budaya.

Baca Juga:  KPK OTT Lagi, Salah Satu Bupati Diciduk Gara-gara Disuap Ratusan Juta Rupiah

“Budaya warisan ribuan tahun itu wajib kita mempertahankan. Tidak mungkin negara lain mempertahankan selain kita-kita ini sebagai generasi penerus ini,” kata Dedi di Bandung, (14/10/2020).

Inti sendiri, ucap dia, adalah satu wadah untuk komponen yang terdiri dari berbagai suku seperti Batak, Padang, Jawa, Sunda, Makasar, Bali yang bertujuan untuk melestarikan budaya Nusantara.

Baca Juga:  Warga Ciwidey Kabupaten Bandung Geger, Pengemudi Taksi Online Grab Ditemukan Tewas

“Kita mengisi negara dengan aneka ragam, bineka tunggal Ika, tujuannya tetap satu mempertahankan NKRI,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan, Dewan Pengawas RRI, Hasto Kuncoro yang mengungkapkan bahwa untuk melestarikan dan mencintai budaya menjadi kewajiban semua warga bangsa.

Baca Juga:  Sedang Diet? Beli Makanan Disini Saja

“Ini merupakan wejangan dari bung karno pendiri bangsa, yang dikenal wasiatnya trisakti, satu berdaulat dalam berpolitik, berdikari dibidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan, yang diyakini bangsa akan sejahtera,” jelasnya. (Rnu)