Jalur Salopa Sempat Tertutup Longsor, BPBD: Jalan Sudah Dibuka

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Jalur penghubung Tasikmalaya dengan Pangandaran, Jawa Barat, sudah bisa dilewati kendaraan motor dan pejalan kaki pada hari ini Rabu (14/10/2020).

Kabid Danlog BPBD Tasikmalaya, Irwan mengatakan pembersihan material longsor di Kampung Cikidang, Desa Kawitan, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, telah mencapai 75 persen dan jalan sudah dibuka.

Baca Juga:  Sebuah Tanki Bermuatan Solar Terperosok Jurang Sedalam 100 Meter

“Hari ini pembersihan material tanah dan lumpur telah mencapai 75 persen dan jalan sudah dibuka,” ujar Irwan, Rabu (14/10/2020).

Ia mengatakan saat ini tinggal membersihkan material tanah yang tersisa. Hari ini jalan sudah bisa dilalui kendaraan meski harus tetap hati hati dan waspada karena dikawatirkan terjadi longsor susulan.

Baca Juga:  Gegara Palang Pintu, Petugas Parkir RSUD Al Ihsan Dibacok Hingga Jari Putus

“Petugas masih terus membersihkan jalan dengan menyemprot air agar tidak ada lumpur. Evakuasi tindak lanjut dari kemarin. Alhamdulillah sekarang sudah bisa dievakuasi, semoga hari bisa diselesaikan,” kata Irwan

Meski begitu, pengendara harus berhati hati saat melintas karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Seperti diketahui, selain menutup akses jalan, longsor tebing ini juga sempat menimbun sebuah pabrik penggergajian kayu, satu rumah, dan dua unit truk milik warga.

Baca Juga:  Hari Pertama PSBB, Stasiun Bogor Masih Ramai Penumpang

Warga hingga saat ini masih bergotong royong untuk membersihkan bangunan pabrik dari tanah dan lumpur. Mereka berhasil mengevakuasi sejumlah mesin pabrik dan dua unit truk yang sempat tertimbun longsor. (Red)