aqua

Wacana Perubahan Nama Jabar Jadi Provinsi Sunda, Ini Kata Ridwan Kamil

Jika Provinsi Jawa Barat berganti nama menjadi Tatar Sunda dan tentunya kebijakan itu harus dipahami dan disepakati oleh warga Jabar di Cirebonan, maupun warga Jabar di daerah Betawi.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan ada tiga budaya yang bercampur di Jawa Barat yakni pertama Sunda Priangan, kedua Cirebonan yang bahasanya Jawa dan yang ketiga ialah Betawian.

"Jawa Barat itu budayanya ada tiga. Ada Sunda Priangan, ada Cirebonan yang bahasanya Jawa dan ada Betawian jadi menyepakati dulu kata sunda itu harus dipahami disepakati oleh sekian persen orang Jawa Barat di Cirebonan sekian persen, orang Jawa Barat di daerah Betawi," kata Ridwan Kamil ketika dimintai pendapatnya tentang wacana sejumlah tokoh Sunda yang ingin mengembalikan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda, di Bandung, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga:

Kasus Nakes Positif Covid-19 di Kota Bandung Capai 43 Orang

Waduh! 43 Nakes di Kota Bandung Terpapar Positif Covid-19



Ridwan Kamil mengatakan pihaknya harus melihat secara fundamental pemilihan Jawa Barat sebagai nama provinsi juga bukan dikarenakan daerah ini berada di Pulau Jawa bagian paling barat karena secara letak geografi yang ada di paling barat Pulau Jawa adalah Provinsi Banten.

"Jadi saya harus melihat dulu secara fundamental, karena Jabar itu kalau secara judul memang bukan lagi Jawa bagian barat, Jawa paling barat kan Banten. Sudut paling barat ya bukan Jabar, tetapi Banten," katanya.

Ridwan Kamil menuturkan jika Provinsi Jawa Barat berganti nama menjadi Tatar Sunda dan tentunya kebijakan itu harus dipahami dan disepakati oleh warga Jabar di Cirebonan, maupun warga Jabar di daerah Betawi.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Provinsi Jawa Barat Provinsi Sunda Tatar Sunda Budaya Jawa Barat Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Simak! Berikut Ini Tips Jitu Tangkal Covid-19 saat Musim Hujan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi