Kuliah Safari Jurnalistik PWI, Dahlan Iskan: Karya Wartawan Harus Enak Dibaca & Dilihat



JABARNEWS | JAKARTA
– Pendiri Jawa Pos Group, Dahlan Iskan mengatakan, salah satu kunci agar wartawan tetap bisa bertahan dalam mengikuti kemajuan revolusi dunia digital, wartawan harus mampu membuat karya tulisan atau tayangan yang enak dibaca atau enak dilihat.

Hal ini diutarakan saat menjadi nara sumber Kuliah Safari Jurnalistik Perdana 2020 secara daring yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan PT Astra International Tbk yang diikuti 318 peserta dari seluruh Indonesia, Rabu (13/10/2020).

Dalam kuliah tersebut, mantan Menteri BUMN ini membahas tentang Model Bisnis Media dan Masa Depan Profesi Wartawan.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Gelar Nobar Film Hanya Manusia

“Saat ini jurnalistik berkembang sangat pesat, seiring berkembangnya teknologi dan juga dengan kehadiran media baru dengan berbagai platform semakin banyak sehingga mau tidak mau wartawan harus tampil kreatif dan inovatif,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan,informasi yang disampaikan harus penting, dan yang juga tak kalah penting adalah menyajikannya dengan menarik.

Sementara Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menerangkan, kegiatan Safari Jurnalistik perdana 2020 ini merupakan agenda rutin PWI Pusat untuk menambah wawasan wartawan mengenai jurnalistik, juga mengenai pentingnya menjaga implementasi kode etik di tengah persaingan sesama insan pers di era konvergensi media.

Baca Juga:  Seleksi Jabatan di Pemkot Cimahi Masuki Babak Akhir, Berikut Nama-Namanya

“Kami berharap agar para wartawan untuk terus menjaga profesionalisme dalam bekerja. Apalagi tahun ini menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan tahun politik ini, yaitu Pilkada Serentak di penghujung 2020 nanti.

Apa yang diperoleh dari Kuliah Perdana Safari Jurnalistik ini, menurut Atal, penting untuk menjadi pegangan bagi wartawan anggota PWI dalam menyajikan berita ke masyarakat itu harus berpijak pada hukum, undang-undang pers dan kode etik jurnalistik.

Sementara itu Head of Corporate Communication PT Astra International, Boy Kelana Soebroto menyambut baik kerja sama dengan Sekolah Jurnalisme Indonesia PWI Pusat.

Baca Juga:  Simak, Ini Pesan Imam Besar Masjid Istiqlal Jelang Idul Fitri

“PWI merupakan pemangku kepentingan yang strategis bagi PT Astra International. Dukungan kami ini merupakan bukti komitmen PT Astra Internasional untuk ikut meningkatkan wawasan dan profesionalisme wartawan Indonesia,’’ katanya.

Dalam kuliah safari Jurnalistik Perdana ini di hadiri juga oleh Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Nurjaman Mochtar, Wakil Bendahara Umum PWI Pusat Dar Edi Yoga serta Pengurus PWI Pusat lainnya. (rilis)