Live Stream Bandung 132 TV


DPRD Jabar Ungkap Ada Perusahaan yang Curangi Pajak Air Permukaan

Berbagai alasan lainnya, banyak perusahaan yang tak mau membayar pajak air permukaan.

Anggota Komisi III DPRD Jabar Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia, Husin. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - DPRD Provinsi Jawa Barat mengungkap alasan penerimaan pajak air permukaan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jabar masih minim. Hal tersebut karena adanya perusahaan yang mengakali atau curang terhadap pajak air permukaan dengan berbagai modus.

"Jadi begini, salah satu sektor pajak yang jadi primadona adalah pajak air permukaan. Pajak air permukaan ini menjadi kewenangan provinsi (Provinsi Jawa Barat), sedangkan pajak air tanah itu kewenangan kabupaten dan kota. Tapi disayangkan, selama ini pajak air permukaan belum maksimal. Kenapa? Ya banyak faktornya," kata Anggota Komisi III DPRD Jabar Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia, Husin di Bandung, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga:

Empat Cara Memilih Isian Parcel dan Hampers Untuk Lebaran

Rumah Warga Di Curugluhur Sukabumi Hangus Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya



Dia menjelaskan, modus yang digunakan yakni modus sengaja tidak mengupdate izin. Kedua, perusahaan sama sekali tak memiliki izin tetapi tetap menggunakan (memanfaatkan) air, dan mereka ini didominasi perusahaan air minum nasional hingga multinasional, termasuk usaha perorangan, banyak juga pabrik, perkantoran sampai perusahaan non perusahaan air minum yang memodifikasi usahanya jadi perusahaan air minum.

"Banyak perusahaan yang lakukan berbagai modus tersebut? Banyak, salah satunya di Garut. Dari 13 perusahaan yang memanfaatkan air permukaan, hanya 3 yang berizin. Sisanya (10) tidak berizin tetapi tetap melakukan operasi dan mereka tidak membayar pajak. Mereka (10 perusahaan tersebut) perusahaan daerah dan swasta besar," jelasnya.

Selain itu, Husin mengungkapkan bahwa ada juga perusahaan yang berdalih karena tidak menggunakan air permukaan secara maksimal, akhirnya perusahaan tersebut tidak membayar pajak. Padahal perusahaan ini sudah lama memanfaatkan atau mengolah air.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : DPRD Jabar Perusahan Jabar PAD Jabar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Pemkab Kuningan Izinkan Warganya Mudik, Asal Penuhi Syarat Ini

Kejari Garut Tetapkan Kades Karya Jaya Jadi Buronan, Ini Penyebabnya

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi