Begini Cara Ridwan Kamil Berikan Penghargaan Kepada Delapan ASN Dengan Kinerja Terbaik

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan penghargaan terhadap delapan orang pejabat Pemprov Jabar yang dinilai melakukan kinerja dengan baik.

Para ASN tersebut mendapatkan penghargaan berupa tunjangan kinerja, dan jamuan makan siang digelar di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung. Ridwan Kamil juga memberikan piagam penghargaan dan piala bergilir kepada mereka.

“Dari ribuan (ASN Pemprov Jabar), tentu yang berikhtiar bekerja, bapak/ibu (Employee of The Month) terpilih sebagai insan terbaik dan tentunya ini adalah kebahagiaan,” kata Ridwan Kamil, Sabtu (17/10/2020).

Menurut Ridwan Kamil, pegawai berkinerja terbaik bulan ini merupakan salah satu inovasi Pemprov Jabar dalam meningkatkan dan mengapresiasi kinerja para ASN.

“Kami ingin mengapresiasi para ASN yang mungkin tidak pernah bersentuhan langsung dengan saya, tapi saya tahu para ASN bekerja dengan luar biasa dan itu yang harus saya apresiasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Ambu Anne Instruksikan Gelar Shalat Istiqa Serentak

Ia juga berpesan agar intens meniatkan bekerja untuk ibadah dan bermanfaat bagi masyarakat Jabar. Dia juga menekankan, penghargaan yang diberikan jangan menjadi tujuan utama dalam bekerja maupun melayani masyarakat.

“Bagi ASN yang belum mendapatkan penghargaan, semangat bekerja jangan menurun karena sudah bersumpah menjadi ASN yang bertugas melayani masyarakat. Tolong sampaikan juga ke ASN lain bahwa kita terus berinovasi,” ujar mantan Wali Kota Bandung itu.

Sebanyak delapan pekabat tersebut diantaranya, Hening Widiatmoko, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kategori Pimpinan Tinggi Pratama; Sri Endang M, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kategori Administrator; Isma Andini P, Kepala Perencanaan Pengadaan Tanah Dinas Perumahan dan Permukiman, Kategori Pengawas; Hermin Wijaya, Kepala Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika, Kategori Pengawas.

Selanjutnya, Turwelis, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kategori Fungsional; Taufik Al Muzaky, Analis Kerja Sama Luar Negeri Biro Pemerintahan dan Kerja Sama, Kategori Pelaksana; Waseso Wibisono, Penyuluh Teknik Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika, Kategori Pelaksana; dan Shendy Herdianthy, Pengelola Gaji Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kategori Pelaksana.

Baca Juga:  Resmikan Masjid dan Graha HMI Bandung, Ridwan Kamil: Tempat Lahirnya Orang Hebat

Ridwan Kamil menuturkan, tugas ASN pada masa depan akan dinamis seiring berkembangannya teknologi yang dapat menyelesaikan tugas-tugas rutin. Oleh karena itu, dia meminta ASN di lingkungan Pemprov Jabar terus berinovasi dan beradaptasi dengan tugas-tugas yang dinamis.

“Jabatan di masa depan adalah jabatan yang dinamis. Pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus pun telah menyelesaikan tugas-tugas yang dinamis, mengelola ketidakpastian, mengelola sebuah SOP (standar operasional prosedur) supaya dipatuhi, dan lain sebagainya,” tutur dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada empat tahap seleksi dalam pemilihan pegawai berkinerja terbaik. Menurutnya, ASN yang mendaftar sebagai calon pegawai berkinerja terbaik semakin banyak setiap bulannya.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Dukung Pelestarian Batik & Tenun Asli Indonesia

Untuk pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus, terdapat 46 ASN dari jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang mendaftar. Kemudian, 346 ASN dari jabatan administrasi, 975 ASN dari jabatan pengawas, 1.737 ASN dari jabatan fungsional, dan 6.300 ASN dari jabatan pelaksana.

“Ada delapan orang Employee of The Month, termasuk salah satunya ada Employee of Three Months karena untuk Eselon II atau JPT pratama setiap tiga bulan,” kata Setiawan.

Dia mengatakan, pegawai berprestasi yang dinilai setiap bulan adalah para pegawai yang memiliki pekerjaan tidak rutin. Artinya, mereka adalah pegawai yang melaksanakan pekerjaan yang bersifat dinamis, salah satunya bertugas sebagai fasilitator pengadaan tanah.

Setiawan berharap, dengan adanya Employee of The Month, para ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan melahirkan prestasi serta inovasi. (Red)