Pelantikan Pengurus IKA Unpad Periode 2020-2024, Ini Program Unggulannya

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran, Irawati Hermawan mencanangkan sejumlah program unggulan untuk kepengurusan IKA Unpad periode 2020-2024.

Program yang pertama, kata Ira, yakni Jabar Feeds Indonesia Center (JAFIC). Dengan program yang dimotori alumni di bidang agro-complex, IKA Unpad akan berperan aktif dalam mewujudkan Jabar sebagai pusat kebutuhan pangan Indonesia.

Kedua, dia menjelaskan, Center for Macro-economic Statistics dan Public Policy Analysis Center. Sebagai salah satu institusi intelektual utama di Jawa Barat, IKA Unpad diharapkan dapat berperan aktif dalam penyelesaian masalah bangsa, melalui sumbangan pemikiran.

Baca Juga:  Emas Pertama Porwada Dari Cabang Boling

“Untuk itu IKA Unpad telah meluncurkan banyak gagasan inovatif yang bermunculan selama proses penyusunan kepengurusan IKA Unpad periode 2020-2024 ini,” kata Ira saat melantik pengurus IKA Unpad periode 2020-2024 di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (17/10/2020).

Salah satunya yang menjadi ciri khas, terang dia, adalah dengan dibentuknya Pusat Statistik Ekonomi Makro dan Pusat Analisis Kebijakan Publik.

Baca Juga:  Jendral Gatot Nurmantyo: Nonton G30S/PKI Hak Setiap Warga

Ira menyebutkan, program unggulan yang ketiga ialah program Wakaf Qur’an dan Halal Center. Program itu sebagai wujud bahwa Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan salah satu negara berpenghasilan terbesar di antara negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI).

“Maka IKA Unpad ingin berperan dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pusat halal dan wakaf Qur’an terbesar di dunia,” ucapnya.

Adapun yang keempat, lanjut Ira, yakni Endowmant Fund Center. Setiap ikatan alumni terkemuka di dunia memiliki endowment fund untuk menunjang kiprah ikatan alumni dalam memajukan almamater, alumni, dan mahasiswa.

Baca Juga:  Veteran Bandung Dapat Kemudahan Rumah Susun Sewa

“IKA Unpad akan mendirikan Endowment Center untuk memfasilitasi dan menjembatani para alumni yang ingin mulang tarima kepada civitas academica maupun membantu program-program untuk memajukan alumni dan mahasiswa,” jelasnya.

Ira berharap pelantikan tersebut memunculkan semangat baru bagi Unpad, karena engagement Unpad dengan para alumni sampai dengan mahasiswa bisa ditancapkan tiangnya mulai saat ini. (Rnu)