Simak! Google Search Tambah Fitur Baru Buat Yang Bingung Cari Lagu 

JABARNEWS | BANDUNG – Google menambah kemampuan di mesin pencari Search agar pengguna bisa mencari lagu dengan bersenandung, memanfaatkan Google Assistant.

“Di Search On, kami mengumumkan sekarang Google bisa membantu Anda mencari tahu, tidak perlu lirik, nama penyanyi atau nada yang sempurna,” kata Manajer Produk Senior Google Search, Krishna Kumar, di blog resmi Google, dikutip Sabtu (17/10/2020)

Untuk memakai fitur ini, pengguna bisa membuka aplikasi Google Search kemudian mengetuk ikon mikrofon di bar pencarian. Setelah itu, ucapkan “what is this song” atau ketuk “search for a song”.

Baca Juga:  RSUD Kota Depok Anstisipasi Gelombang Tiga Covid-19, Tangki Oksigen Kapasitas 10 Ton Disiapkan

Pengguna bisa bersenandung seperti “lalala” atau “dududu” selama 10 hingga 15 detik. Fitur bersenandung saat ini baru tersedia dalam bahasa Inggris untuk sistem operasi iOS dan 20 di Android.

Selain lewat Google Search, pengguna juga bisa menggunakan Google Assistant dan mengucap “Hey Google, what is this song” kemudian bersenandung.

Baca Juga:  Kabar Baik Bagi Pelaku Online Shop, Instagram Luncurkan Fitur Ini

Google menggunakan alogritma machine learning untuk menemukan lagu yang sekiranya sesuai dengan senandung tersebut.

Kumar menjelaskan melodi dalam sebuah lagu ibarat sidik jari, yaitu unik. Ketika Search mendengar senandung, model machine learning akan mengubah audio menjadi rangkaian (sequence) angka yang mewakili melodi lagu tersebut.

Google sudah melatih mesin mereka agar bisa mengenali sumber suara, termasuk nyanyian manusia, senandung, siulan dan rekaman di studio.

Baca Juga:  Kemenag Hentikan Sementara Pengajuan Izin Baru PAUD dan Rumah Tahfidz, Kenapa?

Algoritma machine learning tersebut juga memperhitungkan komponen pendukung, seperti instrumen musik, nada dan warna nada.

Mesin akan membandingkan rangkaian angka tersebut dengan berbagai lagu, kemudian, menunjukkan hasil yang sesuai atau mendekati sesuai dengan senandung tersebut.

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan menggunakan Google Search dan Google Assistant versi terbaru. (Red)