aqua

Fenomena La Nina, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Hal Ini

Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia, secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri.

Ilustrasi- Hujan deras. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - BMKG Kelas I Bandung meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat dan cuaca buruk. Fenomena alam tersebut diperkirakan bakal berlangsung dalam sepekan ke depan.

Pasalnya, saat ini tengah terjadi fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderate). Selain pengaruh sirkulasi angin monsun dan anomali iklim di Samudera Pasifik, juga terdapat penguatan curah hujan di Indonesia.

Baca Juga:

Waspada, Ada Peningkataan Ancaman Bencana Alam Terkait La Nina Tahun Ini

Ini Imbauan BMKG untuk Para Nelayan di Cianjur



Hal tersebut turut dipengaruhi oleh penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa gelombang MJO (Madden Julian Oscillation) dan Kelvin atau dari timur ke barat berupa gelombang Rossby.

Pemantauan BMKG terhadap indikator laut dan atmosfer menunjukkan suhu permukaan laut mendingin -0,5 C hingga -1,5C selama 70 hari terakhir, diikuti oleh dominasi aliran zonal angin timuran yang merepresentasikan penguatan angin pasat.

"La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah. Ditambah pengaruh MJO, meningkatkan potensi hujan deras," kata Kepala BMKG Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya, Minggu (18/10/2020).
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BMKG Bandung BMKG Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya Perkiraan Cuaca Fenomena La Nina Potensi Hujan Lebat Potensi Cuaca Buruk BMKG Curah Hujan Bandung Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Sukabumi Dilanda Gempa Magnitudo 4,3

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi