aqua

Fenomena La Nina, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Hal Ini

Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia, secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri.

Ilustrasi- Hujan deras. (Foto: Net)

Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia, terang dia, memang tidak seragam. Baik secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri.

Menurut Tony, hasil analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia yang merupakan kumpulan awan berpotensi hujan.

Baca Juga:

BPBD Bandung Barat Imbau Wisatawan Tetap Waspadai Potensi Bencana

Waspada, Ada Peningkataan Ancaman Bencana Alam Terkait La Nina Tahun Ini



"Aktivitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia," terangnya.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," jelasnya. (Yoy)
Halaman sebelumnya  1 2
Tags : BMKG Bandung BMKG Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya Perkiraan Cuaca Fenomena La Nina Potensi Hujan Lebat Potensi Cuaca Buruk BMKG Curah Hujan Bandung Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Ini Imbauan BMKG untuk Para Nelayan di Cianjur

Sukabumi Dilanda Gempa Magnitudo 4,3

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi