Penting, Ini 3 Lokasi Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penyebaran Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Sejumlah negara akan mulai melonggarkan karantina. Begitu juga dengan Indonesia yang berwacana untuk melonggarkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Meski demikian, ancaman Covid-19 masih tetap ada, sehingga kita masih tetap harus waspada, terutama di tempat-tempat umum.

Beberapa negara memang telah berhasil melandaikan kurva kasus positif Covid-19, tapi kenyataannya adalah bukan berarti pandemi telah berakhir. Oleh karena itu, penting untuk tetap waspada, terutama di tempat-tempat tertentu yang masih berisiko tinggi menjadi penyebaran virus corona.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Larang Orang yang Berprofesi Ini Mudik

Mana saja saja tempat tersebut? Anda wajib waspada dan sebisa mungkin menghindari tempat-tempat ini.

1. Tempat Ramai – Banyaknya jumlah orang dengan posisi berdekatan tidak jaga jarak, dengan ventilasi aliran udara di ruang tertutup yang tak begitu baik, membuat tempat ramai memiliki kemungkinan tinggi untuk menjadi pusat penyebaran virus corona.

2. Tempat sempit – Tempat sempit atau berada di dalam ruangan dengan sekumpulan orang tentu meningkatkan risiko penyebaran virus corona. Terutama ketika orang sedang ramai berbincang dalam jarak dekat. Jika terpaksa berada dalam tempat ini pastikan menggunakan masker tiga lapis atau bila perlu pakai masker medis.

Baca Juga:  Jumlah PDP Covid-19 Di Deli Serdang Bertambah

3. Tempat Tertutup – Tempat tertutup juga merupakan tempat yang berisiko tinggi menjadi pusat penyebaran virus corona. Terlebih jika area tersebut memiliki banyak area yang digunakan bersama. Pastikan selalu mencuci tangan setiap kali habis menggunakan fasilitas publik.

Tingkat risiko akan semakin lebih tinggi apabila, suatu tempat memiliki kombinasi dari tiga kondisi tersebut. Risiko semakin besar jika kita bandel atau nekat tidak pakai masker. Bila tidak memiliki kepentingan untuk berada di tempat dengan salah satu dari kondisi tersebut, baiknya hindari. Utamakan beraktivitas secara daring atau di rumah saja.

Baca Juga:  Bupati Bandung Cuti Tiap Kamis, Ada Apa?

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk pencegahan virus Covid-19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat. (Red)