Pertanyakan Netralitas ASN di Pilkada, Warga Geruduk Kantor DPRD Indramayu

JABARNEWS | INDRAMAYU – Sejumlah warga yang mengatasnamakan Barisan Rakyat Indramayu Sejati (BARIS) melakukan aksi unjuk rasa, Senin (19/10/2020), dikantor DPRD Indramayu.

Massa demonstran mempertanyakan Netralitas Aparatus Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Indramayu dalam pelaksaanaan pilkada 2020.

“Kami menuntut DPRD untuk segera menyikapi netralitas ASN. Kalau tidak, jangan salahkan kami jika ada kadis, camat, kuwu berkepihakkan ke salah satu paslon kita eksekusi sendiri,” ujar peserta aksi massa dalam orasinya.

Baca Juga:  Simak, Ini Info Terbaru Soal Penerimaan CPNS

Pantawan wartawan dilokasi, mereka juga melakukan aksi teatrikal dengan pertunjukan manusia kardus. Manusia kardus ini dianalogikan sebagai pejabat ASN yang ikut berpartisipasi memenangkan salah satu pasangan calon.

Baca Juga:  Tak Terbukti Ada Pelanggaran, MK Tolak Gugatan PSI di Jabar

Sebelumnya, Pjs Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono pun sudah sering mengingatkan agar ASN harus netral.

Imbauan itu selalu ia sampaikan dalam setiap kegiatan, termasuk saat rapat paripurna Hari Jadi ke-493 Indramayu pada 7 Oktober 2020.

Saat itu ia menyampaikan, netralitas ASN menjadi tantangan berat yang dihadapi Kabupaten Indramayu selain pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Ingat! Warga Garut Dilarang Gelar Takbiran Keliling Malam Lebaran

Ia meminta dengan tegas agar seluruh ASN bisa mematuhi peraturan dan menegakan netralitas dalam pelaksanaan Pilkada Indramayu 2020.

“Patuhi kode etik dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” ujarnya. (Red)