Ini Imbauan Tito Karnavian untuk yang Ingin Liburan Cuti Bersama

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta warga menjalani pemeriksaan untuk memastikan tubuhnya tidak tertular COVID-19 jika hendak melakukan perjalanan keluar kota selama masa libur dan cuti bersama 28 Oktober hingga 1 November 2020.

“Sehingga yakin bahwa dalam keadaan negatif COVID-19. Jangan sampai terjadi penularan bagi saudara-saudara kita, orang tua kita, dan lain-lain yang ada di daerah,” katanya usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/10/2020).

Baca Juga:  Banjir Berulang di Bogor, Ini Harapan Ade Yasin kepada BBWS

Pemerintah menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober, mengapit hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 29 Oktober 2020.

Baca Juga:  Serdang Bedagai Utus Delapan Kafilah Ikuti MTQ Nasional di Sumbar

“Nah bagi masyarakat, libur panjang ini biasanya sebelum COVID-19 ini biasanya akan melakukan perjalanan, biasanya pulang kampung, kumpul bersama keluarga atau ke tempat liburan, berekreasi dan lainnya,” kata Tito.

Peningkatan pergerakan orang selama liburan berpotensi menyebabkan peningkatan penularan virus corona dan kondisi yang demikian terjadi pada libur panjang akhir Agustus 2020 karena masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga:  Bupati Garut Rudy Gunawan Terapkan PSBM di Wilayah ini

“Pengalaman kita sebelumnya, libur-libur terjadi mobilitas yang tinggi. Masyarakat bergerak dari suatu tempat ke tempat lain dan pergerakan masyarakat ini bisa menimbulkan penularan,” kata Tito. (Red)