RSUD Al Ihsan Optimalkan Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan Kabupaten Bandung memadukan pelayanan kesehatan yang promotif, preventif dan kuratif untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Direktur Utama RSUD Al-Ihsan, Dewi Basmalah mengatakan Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah adalah salah satu layanan unggulan selain Stroke dan Kanker guna memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas pada penyakit Jantung dengan didukung oleh tenaga medis, paramedis dan petugas non-medis yang profesional.

“Instalasi pelayanan jantung dan pembuluh darah RSUD Al-Ihsan merupakan pelayanan kesehatan yang disediakan bagi pasien atau siapa saja yang memiliki faktor resiko penyakit Jantung khususnya bagi pasien yang sedang dalam perawatan, akan melakukan operasi Jantung atau setelah operasi Jantung,” kata Dewi di RSUD Al-Ihsan, Baleendah, Senin (19/10/2020)

Baca Juga:  Asyik! BLT Dana Desa di Purwakarta Mulai Dibagikan Pekan Ini

Dia menjelaskan, instalasi pelayanan Jantung dan pembuluh darah RSUD Al-Ihsan difasilitasi prasarana maupun SDM yang menangani berbagai jenis penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Diharapkan instalasi ini dapat terus berinovasi dan berkolaborasi untuk menghasilkan layanan spesialitik dan subspesialistik jantung dan pembuluh darah yang berkualitas, efektif dan efisien,” jelasnya.

Selain itu, ujar Dewi, hampir 98 persen pasien yang masuk ke RSUD Al-Ihsan menggunakan BPJS. Terkait fasilitas pasien yang memakai BPJS, dia menjelaskan bahwa pasien peserta BPJS hanya berupa alat kesehatan dan obat.

Baca Juga:  Gugus Tugas Sumedang Laporkan Perkembangan Covid-19, Ini Datanya

“Jumlah pasien yang masuk ke RSUD Al-Ihsan ini hampir 98 persen peserta memakai BPJS hanya paket alat-alat kesehatan dan obat saja bisa mencapai Rp150 juta,” kata Dewi.

Kendati demikian, dia mengungkapkan bahwa sebagai RS milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“RSUD Al-Ihsan memberikan pelayanan dengan perlengkapan sarana dan prasarana yang lengkap guna pelayanan untuk masyarakat Jabar,” jelasnya.

Baca Juga:  Perbaikan Masjid di Lokasi TMMD

Sementara itu, Tim dokter Vascular Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Al-Ihsan, Reza mengungkapkan bahwa rumah sakit ini menyediakan layanan untuk pencegahan dan mendiagnosa penyakit Jantung dan pembuluh darah, juga mengembalikan kondisi fisik, psikis, dan sosial.

“Agar mereka dapat kembali pada keadaan semula seperti sebelum sakit serta mencegah terjadinya serangan Jantung dikemudian hari,” tutupnya.

Sebelumnya, RSUD Al-Ihsan membuka Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah yang merupakan layanan unggulan selain Stroke dan Kanker guna memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas. (Rnu)