Antara Ekonomi Kreatif dan Tumbuhnya Wirausaha Muda

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di era ekonomi baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi, ekonomi kreatif adalah sebuah konsep perekonomian yang sangat dibutuhkan.

Seperti yang di ketahui, konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

Hal itu diungkapkan Kabid Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq melalui Kepala Bina Kewirausahaan Pemuda, Marnia, saat kegiatan Pembinaan Wirausaha Muda, di kantor Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta.

“Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian,” ucap Marina, pada Sabtu (10/10/2020).

Baca Juga:  Lebaran Jadi Momen Bahagia, Ini Ungkapan Kapten Persib Bandung

Marnia menambahkan bahwa saat ini tantangan wirausaha muda adalah bagaimana mengembangkan inovasi dan kreativitasnya berdasarkan informasi dan teknologi digital yang bergerak cepat sejalan dengan konsep ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif menjadi tantangan bagi wirausaha muda untuk tumbuh dan mengembangkan usahanya yang bukan hanya berdampak pada peningkatan omset melainkan juga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” ucapnya.

Baca Juga:  Guru Dari Finlandia Hadir Di Workshop Internasional Mutiara Insani

Sementara, Muhammad Adi Subagja narasumber kegiatan tersebut, mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi tumbuhnya wirausaha muda di Purwakarta.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada peserta kegiatan ini yang juga wirausaha muda, dengan usia yang terbilang sangat muda namun sudah berani untuk terjun berwirausa dengan mandiri dan tangguh,” ucap pria yang juga pengusaha muda pada sektor konveksi.

Ditambahkannya, yang membuat dirinya bangga karena produk-produk mereka luar biasa menarik, unik dan memiliki inovasi sehingga bisa bersaing dengan produk-produk yang sudah lumrah dipasaran.

Baca Juga:  Bikin Puasa Makin Seru Dengan Aplikasi Edit Foto dan Video Ini

“Packaging produknya pun sudah cukup profesional dengan pemasaran secara online memanfaatkan teknologi digital. Dan, kami melihat pertumbuhan ekonomi kreatif di kalangan anak-anak muda Purwakarta cukup positif, harapannya wirausaha muda dapat berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat,” ungkap Adi

Dalam acar tersebut hadir juga, Kabid Kepemudaan, Kepala Kepemimpinan dan Kepeloporan.

Dengan narasumber, yakini Muhammad Adi Subagja yang juga pengusaha muda sektor konveksi dan Putri Aprilia owner Kulpis (keripik kulit pisang) serta puluhan wirausaha muda Purwakarta yang turut membawa produk-produk kreatifnya. (Gin)