Kemenag Akan Pasok Materi Khutbah Jumat, Ini Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Agama akan memasok materi khutbah Shalat Jumat sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama/khatib.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, mengatakan pada masa kini diperlukan materi khutbah yang berwawasan sesuai perkembangan zaman.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Pembuat Senjata Api Rakitan

“Saat ini diperlukan materi khutbah Shalat Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman,” kata Kamaruddin Amin, dilansir dari Antara, Selasa (20/10/2020)

Ia mengatakan selama ini Kemenag telah menyiapkan naskah-naskah khutbah Shalat Jumat gratis, termasuk naskah yang isinya menyasar generasi milenial.

Baca Juga:  Rencana Pengetatan Pintu Masuk ke Jabar Hingga Tingkat RT/RW

Bahan-bahan khutbah dapat diunduh melalui laman http://simbi.kemenag.go.id/. Laman tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

Menurut dia, Kemenag berupaya menjalankan program-program yang tujuannya untuk mempromosikan moderasi beragama.

Selain penyediaan materi khutbah, kata dia, Kemenag juga melakukan pembaruan buku-buku ajar, pembinaan penceramah berwawasan kebangsaan, pembentukan Pokja Moderasi Beragama dan penyusunan buku Moderasi Beragama.

Baca Juga:  Inilah Sejumlah Daerah yang Sudah Ajukan PSBB

Amin mengatakan program itu merupakan bagian dari meningkatkan intensitas penyelesaian konflik intraumat beragama melalui konten-konten yang menyejukkan dan berwawasan Islam moderat. (Red)