Waspada DBD, Warga Depok Diminta Lakukan Hal Ini

JABARNEWS | DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) guna mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok Umi Zakiati mengajak masyarakat untuk lebih menggalakan lagi pemberantasan sarang nyamuk.

“Kita sama-sama galakkan PSN dengan cara 3M Plus (menguras, menutup, dan mengubur) agar di lingkungan tempat tinggal dapat terbebas dari nyamuk DBD,” ujar Umi Zakiati dilansir dari Antara, Selasa (10/20/2020).

Baca Juga:  Satpol PP Jabar Akan Patroli Kesehatan di Delapan Daerah Ini, Karena...

Ia menuturkan kegiatan yang dilakukan dengan 3M antaralain menguras tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti bak mandi, ember air. Selanjutnya, dengan menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum, kendi, atau toren air.

Baca Juga:  180 Ribu PNS Dipindahkan ke Ibu Kota Baru Secara Bertahap

Lalu, dengan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sedangkan yang dimaksud dengan plus adalah segala bentuk pencegahan lainnya.

Baca Juga:  Kapolres Purwakarta gelar Sosialisasi P4GN di Markas Resimen Armed 2/1 Kostrad

“Kegiatan lainnya yang dilakukan dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan kelambu saat tidur,” katanya.

Warga juga diajak memelihara hewan pemangsa jentik, menanam tanaman pengusir nyamuk, menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam rumah, serta menggunakan anti nyamuk semprot atau oles bila diperlukan. (Red)