aqua

Laporan Tahunan Jokowi Ma'ruf: Kolaborasi Hadapi Pandemi (Part 3)

Supaya COVID-19 tak sempat mampir.

Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JABARNEWS | BANDUNG - Pandemi ini memperkokoh semangat gotong royong untuk hadapi COVID-19. Melestarikan kearifan lokal dalam menjalani kehidupan new normal untuk memutus mata rantai COVID-19. Melalui konsep Kampung Tangguh, masyarakat berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri. Menguatkan silaturahmi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari ruang isolasi, posko kesehatan, dapur umum, hingga lumbung pangan dapat dimanfaatkan secara bersama.

Pemenuhan kebutuhan tersebut membentuk karakter baru yang patuh protokol kesehatan. Masyarakat akan disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan sendirinya tanpa perlu diimbau lagi. Sehingga dengan keberagaman suku, agama, dan bahasa menjadi bagian perekat nasional.

Baca Juga:

Masyarakat Purwakarta Terus Diingatkan Untuk Taati Protokol Kesehatan

Kunjungi ICG, Dandim 0619 Purwakarta: Ulama Mitra TNI-Polri Cegah Covid-19



Dari Pandemi Jadi Inovasi - Kreativitas seringkali muncul di tengah kesulitan dan krisis. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggalang inovasi di bidang teknologi. Tidak kurang dari 60 inovasi hasil riset dikembangkan untuk menghadapi pandemi. Produk Inovasi Utama di antaranya Robot Dekontaminasi, atau Rapid Diagnostic Test Microchip, Robot Medical Assistant ITS - UNAIR (RAISA) hingga Mobile Ventilator Low Cost berhasil ditemukan untuk memudahkan perlawanan pada pandemi. Sementara itu ada pula hasil Produk Inovasi Pendukung yang menghasilkan produk-produk makanan dan minuman dengan bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kreativitas Kikis Krisis - Masyarakat juga melahirkan berbagai inovasi. pedagang yang biasanya Para selalu mengandalkan penjualan secara langsung, kini dengan berani memasarkan produknya secara daring. Pembatasan pasar, membuat masyarakat secara mandiri melayani lingkungannya dengan saling memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Vaksin Merah Putih - Salah satu inovasi penting yang sedang disiapkan berupa vaksin COVID-19. Keberadaan vaksin ini menjadi kebutuhan mendesak di seluruh dunia. Vaksin yang sedang disiapkan ini diberi label Vaksin Merah Putih. Adalah Lembaga Biomolekuler Eijkman yang memimpin konsorsium pengembangan vaksin COVID-19 yang berupa protein rekombinan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Laporan Tahunan Presiden Jokowi Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kantor Staf Kepresidenan Pandemi Covid-19 Program Pemerintah Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Video: Kapolres Purwakarta Ajak Masyarakat Terapkan Prokes 3M

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi