ASN Berikan Zakat, Wali Kota Cimahi Pastikan Pengawasan Baznas

JABARNEWS | CIMAHI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cimahi kembali menyalurkan santunan kepada kalangan fakir miskin. Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan di dilaksanakan di Kelurahan Cibabat, Cigugur Tengah dan CIbeureum.

Kali ini kegiatan pemberian santunan dilaksanakan di Kelurahan Cimahi dan Karang Mekar. Total mustahik yang dibantu di dua kelurahan tersebut sebanyak 165 orang dimana masing-masing memperoleh sebesar Rp 150 ribu.

Adapun sumber dana bantuan tersebut berasal dari ZIS (Zakat, Infak, Sodakoh) para ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dan para muzakki se-Kota Cimahi yang menitipkan ZIS-nya melalui Baznas Kota Cimahi.

Santunan ini diberikan langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dan Ketua Baznas Kota Cimahi KH Asep Hilman Mubarok, bertempat di Aula Kelurahan Karang Mekar, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga:  Berikut Empat Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Dan Mesti Kalian Coba

Dalam sambutannya, Ajay mengapresiasi pemberian santunan itu sebagai sebuah bentuk kepekaan dan kepedulian sosial kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu. Terutama ditengah cobaan  pandemi Covid-19 yang melemahkan kehidupan ekonomi sebagian masyarakat.

Selain itu, pemberian bantuan ini merupakan suatu refleksi dan wujud kepedulian terhadap sesama dalam rangka mendorong terwujudnya keshalehan sosial dalam kehidupan masyarakat Kota Cimahi.

“Alhamdulillah hari ini kami berada di wilayah Karang Mekar. Saya tadi bersama Pak Ketua Baznas membagikan kepada yang berhaknya di kelurahan ini,” kata Ajay.

Baca Juga:  Laga Pamungkas Kualifikasi Piala Asia U-17, Timnas Indonesia VS Malaysia: Pertaruhan Harga Diri!

Dia pun menginstruksikan kepada jajaran pegawai Pemkot Cimahi untuk bergerak agar pengumpulan zakat di Baznas Kota Cimahi bisa dibagikan ke banyak warga tak mampu. 

Menurut Ajay, kepedulian sosial seringkali menjadi barang langka dewasa ini di tengah maraknya sifat acuh tak acuh dan individualistis, yang telah menjadi pemandangan umum di tengah masyarakat saat ini.

Untuk itulah, dia menilai kepedulian terhadap sesama harus terus ditumbuhkembangkan dan diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya melalui penumbuhan rasa kepedulian sosial, yang dimulai dari dalam diri pribadi.

“Insya Allah bulan ini pembagiannya dilaksanakan untuk tujuh kelurahan dan bulan berikutnya delapan kelurahan. Jadi 15 kelurahan selesai dalam dua bulan,” terang Ajay.

Baca Juga:  GP Ansor Kota Bandung Ingatkan Warga Untuk Selalu Menerapkan 3M

Ajay berharap, Baznas Kota Cimahi dapat lebih baik lagi dalam menjalankan program-programnya, termasuk dalam mengemban amanah titipan zakat dari jajaran ASN Pemkot Cimahi untuk disalurkan kepada yang berhak.

Untuk menjaga kepercayaan dan amanah tersebut, pihaknya berjanji akan terus melakukan pengawasan dan pendampingan dalam penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Baznas Kota Cimahi ke depan.

“Saya percaya teman-teman dari Baznas senantiasa amanah dalam menyalurkan bantuan dari teman-teman (ASN). Mereka (Baznas) selama ini bikin laporannya sudah bagus kok, tapi tentu kami tetap rutin melakukan pengawasan,” pungkasnya. (Yoy)