Tutup TMMD, Pangdam Siliwangi Ajak Masyarakat Pelihara Warisan Budaya Bangsa Ini

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Bersama pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat, prajurit TNI bahu membahu menyelesaikan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 yang ada di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Dalam penutupan TMMD di Kantor Desa Mekarsari, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (21/10/2020), Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, program TMMD dilaksanakan selama satu bulan, sejak 22 September 2020.

“Kebersamaan merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Nugroho.

Program TMMD ke-109 tahun 2020 di wilayah Kodam III/Siliwangi dilaksanakan di empat lokasi yaitu di wilayah Kodim Tasikmalaya, Kodim Indramayu, Kodim Bogor dan Kodim Pandeglang.

Baca Juga:  Begini Cara Polisi di Purwakarta Beri Kenyamanan Pada Pengguna Jalan

Program TMMD berhasil mengerjakan kegiatan fisik berupa pembukaan jalan poros desa, pembangunan jalan, pengerasan jalan, pembuatan bahu jalan, pembuatan parit jalan, pembuatan penerangan jalan umum (PJU), pembangunan rutilahu, drainase, gorong-gorong, rehab masjid dan mushola, mandi cuci kakus, serta posyandu.

Sementara pencapaian kegiatan nonfisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, hukum dan kamtibmas, lingkungan hidup dan kehutanan, pertanian, peternakan, perikanan, KB Kesehatan, bahaya narkoba, pemberdayaan UMKM, kampung KB, pembuatan kartu pencari kerja serta 10 program PKK.

“Apa yang telah dilakukan oleh prajurit TNI ini dapat membantu masyarakat, terutama di bidang ekonomi dan apa yang telah dibangun melalui program TMMD ke-109 ini agar dijaga dan dipelihara sehingga masa pakainya dapat lebih lama,” katanya.

Baca Juga:  Salon Kecantikan di Kota Bandung Belum Diizinkan Gelar Praktik, Ini Alasannya

Dengan mengusung tema TMMD Pengabdian Untuk Negri, Pangdam III/Siliwangi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus membangun dan memelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa, sekaligus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Nugroho mengajak masyarakat khususnya di Kabupaten Tasikmalaya, Indramayu dan Pandeglang Banten yang akan melaksanakan Pilkada 2020 nanti, agar bersama-sama dengan TNI/Polri, pemda dan unsur terkait untuk menciptakan wilayah yang kondusif.

Dengan demikian, rangkaian kegiatan Pilkada 2020 dapat berjalan aman, lancar dan tertib. Dia menekankan,TNI akan menjaga netralitas, seperti halnya pada pemilu sebelumnya, Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif maupun Pilkada.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Sholat Id di Gedung Agung, Wapres Ma'ruf Amin di Istiqlal

“TNI tetap menjunjung tinggi netralitas, tidak berpihak, serta tidak akan memberikan dukungan terhadap salah satu pasangan calon tertentu dan akan menindak tegas kepada prajurit yang terbukti melanggar Netralitas,” katanya.

Penutupan TMMD ke-109 ditandai dengan penandatanganan naskah dan penyerahan hasil TMMD dari empat Dansatgas TMMD ke -109 kepada pemda masing-masing, yang diterima bupati setempat.

Usai menutup TMMD ke-109 tahun 2020 secara resmi, Pangdam III/Siliwangi mengunjungi lokasi TMMD dan meresmikan jalan dengan menandatangani prasasti dilanjutkan dengan pengecekan jembatan hasil TMMD. (Yoy)