Tindak Pelanggar 3M, Satpol PP Jabar Bentuk Tim Praja

JABARNEWS | BANDUNG – Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Provinsi Jawa Barat akan menindak tegas para pelanggar protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) dengan membentuk Tim Patroli Jabar Juara (Praja).

Kepala Satpol PP Jabar, Ade Afriandi mengatakan pihaknya sudah merancang setiap minggu ada giat operasi di Kabupaten/kota, yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan menindak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dan tidak menerapkan 3M.

Baca Juga:  Polri Prediksi Bakal Ada 230 Ribu Kendaraan per Hari saat Arus Balik Mudik

“Kan fungsi memakai masker itu untuk menjaga kesehatan dalam melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungan dari serangan virus Covid-19,” kata Ade saat dihubungi, Rabu (21/10/2020).

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar tentang Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah (KED), Satpol PP Jabar diberi tugas sabagai koordinator pencegahan pemakaman dan operasi lapangan penegakan aturan.

“Tim Praja yang dibentuk Satpol PP Jabar bertujuan dan mempunyai tugas khusus untuk merancang operasi gabungan (opsgab); mengkoordinasikan dengan pihak terkait; mempersiapkan rencana operasi dan merekapitulasi hasil lapangan termasuk menjaring kerjasama dengan media,” jelasnya.

Baca Juga:  Ini Alasannya Pusdai Bandung Belum Aktifkan Kegiatan Kajian

Ade mengungkapkan bahwa saat melakukan opsgab bersama Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan KED, Satpol PP Jabar akan menurunkan sebanyak 40 orang personel ditambah Komandan Satuan 28 orang.

Terkait operasinya sendiri, lanjut Ade, akan digelar diseluruh Kabupaten/kota, dengan berpatroli stasioner dan mobile.

Baca Juga:  Tekan Covid-19, MCCC Cimahi Minta Terus Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

“Hal ini sebagai salah satu upaya agar kita lebih intensif dan masif dilapangan. Walaupun tidak mungkin dilakukan selama satu minggu full dilapangan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Tim Praja Juara terdiri dari pejabat struktural dan fungsional Satpol PP Jabar yang jumlahnya mencapai 90 orang yang ditugaskan langsung kelapangan ditambah sebanyak 20-25 orang anggota Satpol PP Kab/kota disetiap daerah. (Rnu)