Tabung Gas Meledak di Padalarang, Rumah-Rumah Rusak

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Ledakan tabung gas 3 kilogram menghebohkan warga Kampung Cibacang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (21/10/2020).

Tidak ada korban jiwa dalam ledakan tabung gas yang berasal dari rumah milik Tatang (51) tersebut. Akan tetapi, isteri Tatang mengalami luka bakar yang cukup serius.

Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo mengonfirmasi kejadian tersebut. Menurut dia, ledakan tabung gas itu pun merusak sedikitnya empat rumah warga.

Baca Juga:  Kulit Terasa Gatal Jangan Langsung Digaruk, Ini Alsannya

“Betul ada kejadian tabung gas meledak, karena kebocoran dari tabung gas milik warga. Ledakan merusak empat rumah lainnya karena posisinya berdempetan,” kata Duddy.

Selaim merusak empat rumah milik warga lainnya, menurut dia, ledakan itu juga menyebabkan istri pemilik rumah yang tabung gas itu mengalami luka bakar.

Baca Juga:  Jadi Indikator Keberhasilan PSBB, Ini Sederet PR Pemkab Sumedang

“Kalau istrinya kebetulan ada di dapur akhirnya jadi korban dan mengalami luka bakar. Sekarang sudah dilarikan ke RS Kharisma Cimareme, lukanya tidak terlalu parah juga,” katanya.

Saat ini pihaknya langsung melakukan assessment pascakejadian ledakan tersebut. Para pemilik rumah yang terdampak langsung diungsikan ke kerabat terdekat.

“Untuk sementara rumah tidak bisa ditinggali, sekarang kita juga sedang lakukan assessment dampak kerusakan,” terangnya.

Baca Juga:  Ridwan Saidi Minta Maaf, Siap Datang ke Ciamis

Pihaknya mengimbau agar warga selalu mengecek keamanan tabung gas dan regulator sebelum digunakan untuk menghindari ledakan tabung gas hingga menimbulkan kerusakan dan korban.

“Kalau sekiranya ada bau gas bocor langsung cabut selang gas, bawa ke tempat lapang dan jangan dinyalakan karena jelas akan menyebabkan ledakan,” tandasnya. (Yoy)