Kasdam Siliwangi Dorong Budidaya Sereh Wangi di Majalengka, Ini Alasannya

JABARNEWS | MAJALENGKA – Untuk meningkatkan nilai perekonomian para petani, Kasdam Ⅲ️/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo mendorong budidaya sereh wangi di Kabupaten Majalengka.

“Tingkatkan nilai tambah, daya saing dan keunggulan setiap komoditas pertanian, harus memperkuat sektor hulu dan mengembangkan sektor hilir sehingga ada nilai tambah,” kata Kunto, di Desa Banyureja, Kecamatan Sindang, Majalengka, Rabu (21/10/2020).

Menurut dia, sereh wangi bisa membantu perekonomian petani, terutama di tengah pandemi Covid-19. Dengan budidaya sereh wangi, petani bisa tetap produktif ketika sektor ikut terdampak Covid-19.

Baca Juga:  Tiga Jenis Wisata Religi ini, Cocok Dikunjungi Saat Bulan Ramadhan

Kunto pun mengapresiasi terobosan program Kodim 0617/Majalengka. Dia pun mendukung atas langkah dan usaha yang dilakukan Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto, terkait program Sereh Wangi Sugih Mukti.

“Kami berharap apa yang menjadi program Dandim 0617/ Majalengka ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Majalengka,” harapnya.

Sementara itu, Andik Siswanto menjelaskan bahwa lokasi penanaman sereh wangi di Desa Banyureja, Kecamatan Sukahaji, Majalengka ini, merupakan program Kodim 0617/Majalengka. Pengelolaannya dilakukan bersama masyarakat sekitar.

“Lahan untuk budidaya tanaman sereh wangi di Desa Banyureja ini, ada seluas 130 hektar,” ujarnya .

Baca Juga:  Wali Kota Cirebon Dukung Jokowi, Ini Tanggapan DPD Demokrat Jabar

Menurut Andik, penanaman bibit sereh wangi bisa memberdayakan potensi sumber daya alam di lingkungan Desa Bayureja, sekaligus untuk mengenalkan langsung kepada masyarakat sekitar.

“Sereh wangi bisa tumbuh di lahan dataran rendah atau dataran tinggi, di lahan yang tandus kurang air atau pun tanah yang lembab, di bawah tegakan ataupun di ruang terbuka,” katanya.

“Sereh wangi bisa bertahan dari kekeringan. Maka kami akan melakukan itu salah satunya di wilayah Desa Bayureja ini dengan bermitra bersama petani dan masyarakat,” jelas Andik.

Baca Juga:  Karantina Tak Diperpanjang, Kampung Baeud Bakal Tes Swab Lagi?

Dia menambahkan, Majalengka memiliki potensi alam yang begitu bagus, yang memungkinkan untuk tumbuh subur sayuran dan buah buahan. Begitu pula dengan ketahanan pangan, juga sektor pariwisata.

“Kami melihat dari faktor itulah sebagai salah satu upaya kami dari satuan Kodim 0617/Majalengka untuk mendukung program pemerintah setempat. Muncul suatu ide dan gagasan terobosan baru, yakni program Sereh Wangi Sugih Mukti,” jelasnya. (Yoy)