aqua

Ini Cara Pemdes Pasirmunjul Dorong Perekonomian Petani

Bekerjasama dengan Bank BJB untuk merealisasikan kemitraan pembiayaan KUR Mikro kepada para petani binaan CV Mutiara Bumi di Desa Pasir Munjul.

Pembiayaan KUR Mikro Bank BJB bagi petani Desa Pasirmunjul di bawah binaan CV. Mutiara Bumi, Rabu (21/10/2020). (Foto: Red/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Pemerintah Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengklaim jika potensi pertanian di wilayahnya cukup besar. Bertani merupakan sebagai mata pencaharian utama dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

"Mayoritas di wilayah kami adalah petani seperti petani singkong, ubi, jahe, jagung dan palawija lainnya," kata Kepala Desa Pasirmunjul M. Hilman Nurzaman. Rabu (21/10/2020).

Baca Juga:

Imasepa BJB Sayangkan Ada Berita Dukungan Terhadap Otsus Jilid II

Bank bjb Dukung Launching Laboratorium Inovasi Pemda Tangerang



Sayangnya, masih banyak kendala dalam pertanian di desa ini. Sebab, para petani masih kesulitan dalam segi modal dan pemasaran. Sehingga, hal itu menjadi faktor penyebab sulit memulai kembali penanaman. Atas dasar itulah, pemerintah desa sekitar mencari pormula untuk mendorong perekomian masyarakat disektor ini. Seperti, bekerjasama dengan CV Mutiara Bumi yang diharapkan bisa menjawab permasalahan para petani dalam mengembangkan pertanian mereka.

"CV Mutiara Bumi siap mendukung dalam semua aspek termasuk menampung hasil panen. Untuk saat ini para petani di bawah binaan CV Mutiara Bumi akan tanam jagung. Melalui kerjasama ini, ia berharap pertanian di Desa Pasirmunjul lebih berkembang dan menjadi pemasok terbesar komoditi jagung untuk kebutuhan skala nasional", kata Hilman.

Direktur CV Mutiara Bumi Hesti Yuliastanti menjelaskan bahwa ini merupakan program kemitraan dengan para petani mulai dari pupuk hingga benih, didukung Bank BJB dalam hal pembiayaan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Pemdes Pasirmunjul Desa Pasirmunjul Kepala Desa Pasirmunjul M. Hilman Nurzaman CV Mutiara Bumi Bank BJB BJB Kredit UMKM Bank BJB Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi