aqua

Ingat, Jangan Pakai Masker Lebih dari 4 Jam

Idealnya, dari sisi medis seharusnya masker bisa disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan si pengguna.

Ilustrasi- Pakai masker. (Foto: Net)

JABARNEWS | BOGOR - Protokol kesehatan perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Muhamad Alfi Auliya Rachman, dokter umum di RS Family Medical Center (FMC) di Bogor, mengatakan yang menyebabkan penyebaran virus ini meningkat karena 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan belum dijalankan semuanya.

“Menurut riset, ada tiga indikator yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, 90 persen sudah patuh tapi untuk jaga jarak dan mencuci tangan masih rendah. Jadi 3M belum komplet. Menggunakan masker sendiri sangat penting untuk melindungi kita dan orang lain agar tidak saling menulari,” ujarnya.

Baca Juga:

[MOTIONGRAFIS] Udah Pakai Masker? Jangan Lupa Jaga Jarak Minimal 1.5 Meter

Kewalahan, RSUD Bayu Asih Purwakarta Tutup Sementara Layanan IGD



Kita tidak bisa menjaga dan menjamin keluarga apakah bebas Covid-19, sehingga idealnya di rumah juga dipakai, terutama wajib digunakan di tempat ramai karena potensi penularan lebih besar. Untuk pakai masker yang baik, ia mengatakan saat ini sudah ada acuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang mengharuskan minimal terdiri dari tiga lapis, bisa memfiltrasi bakteri dan partikel-partikel minimum 60 persen.

“Ditambah lagi, yang harus diperhatikan adalah penggunaan masker tidak boleh lebih dari 4 jam, masker sudah kotor dan basah sehingga harus diganti dengan yang baru,” katanya.

Idealnya, dari sisi medis seharusnya masker bisa disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan si pengguna. Apabila aktif dan sering keluar, maka sebaiknya memiliki banyak masker untuk bergonta-ganti.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Satgas Covid-19 Pakai Masker Jaga Jarak Cuci Tangan Pandemi Covid-19 Ingat Pesan Ibu Protokol Kesehatan 3M Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Video: Pilkada Sehat di Masa Pandemi

[INFOGRAFIS] Sebelum Ada Vaksin, Mari Jaga Diri Dengan 3M

DKM Masjid Raya Bandung: Tetap Menggelar Sholat Jumat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi